nyedulur.com

Intip Pelat Nomor Cantik, Banderolnya Fantastis, Ada yang Tembus Miliaran

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Carscoop.

Memiliki kendaraan dengan nomor polisi atau pelat nomor cantik bisa menaikkan status sosial. Meskipun kendaraan yang dikenakan tidak terlalu elit.

Masalahnya memiliki pelat nomor cantik harganya tidak murah. Banyak pemilik kendaraan berani merogoh kocek hanya untuk memesan nomor cantik.

Hal ini juga tengah menjadi perbincangan di Melbourne, Australia. Sebuah mobil Mercedes-AMG C43 Estate berpelat nomor VIC 1 tertangkap kamera.

Usut punya usut, catatan Carscoops dari Kumparan, ini merupakan pelat nomor mobil termahal yang ada di negara bagian Victoria. Diperkirakan nilainya mencapai 2,5 juta dolar Australia, atau sekitar Rp 26,7 miliar.

Memiliki sejarah panjang, pelat nomor tersebut pertama kali teregistrasi pada 1932. Namun kembali harus disimpan pemerintah selama 52 tahun.

Dan akhirnya dimasukkan bursa lelang pada tahun 1984, dengan banderol 165.000 dolar Australia atau Rp 1,7 miliar. Dan nilainya terus meningkat hingga saat ini.

Mobil yang menggunakan pertama adalah Saab 9000 Turbo. Kemudian berlanjut ke Ferrari, Rolls-Royce, HSV SV5000 dan pernah teregistrasi untuk Porsche 911 Turbo, 911 Carrera, E55 AMG, E63 AMG, dan yang terbaru adalah Mercedes-Benz C43 AMG.

Ternyata pasar pelat nomor cantik 'heritage' di Victoria. Selain pelat nomt '1', ada juga '26' yang dibanderol 1,1 juta dolar Australia, dan '101' seharga 510.000 dolar Australia.

Tren pelat nomor cantik di Indonesia khususnya yang statusnya 'heritage' atau istimewa, nampaknya belum ada.

Sejauh ini bagi yang berminat punya pelat nomor cantik, bisa mengajukannya ke kepolisian, yang biaya termahalnya bisa tembus Rp 20 juta. Tertarik? Intip taris resminya berdasar PP Nomor 60 Tahun 2016.

Artikel Lainnya