Intip Manfaat dan Kandungan Pepaya, Bijinya Bisa Obati Kolestrol

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Halodoc.

Pepaya atau betik merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko. Bisa juga dijumpai di kawasan utara Amerika Selatan. Buah yang bertekstur lembut dan memiliki daging bewarna oranye ini memiliki banyak manfaat.

Selain buahnya, daun pepaya juga bisa dimasak sebagai sayuran. Kemudian perasan airnya dapat digunakan sebagai obat tradisional penambah nafsu makan.

Tak hanya itu, jika Anda ingin mengonsumsi buahnya, jangan membuang biji papaya. Konon biji pepaya bermanfaat untuk menurunkan kolestrol.

Seperti yang diceritakan Detik bahwa kalori pepaya dalam 100 gramnya mengandung kalori sebanyak 46 kkal, 0,5 gr protein, dan 12,2 gram karbohidrat.

Tak hanya punya rasa manis yang enak, buah pepaya juga mengandung banyak vitamin. Buah pepaya juga mengandung vitamin A, B9, B1, B3, B5, E, K dan C.

Buah pepaya juga mengandung antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas. Sebuah studi menunjukkan bahwa pepaya fermentasi dapat mengurangi stres oksidatif pada orang tua dan orang dengan prediabetes, hipotiroidisme ringan dan penyakit hati.

Dari penelitian tersebut ditemukan pasien alzheimer yang diberi ekstrak pepaya yang difermentasi selama enam bulan mengalami penurunan 40 persen pada biomarker yang dikenal sebagai 8-OHdG yang mengindikasikan kerusakan oksidatif pada DNA, juga terkait dengan penuaan dan kanker.

Enzim yang bernama papain dapat membuat protein lebih mudah dicerna dalam tubuh. Orang-orang yang tinggal di daerah tropis menganggap pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala-gejala lain dari irritable bowel syndrome (IBS).

Dalam satu penelitian, orang yang menggunakan formula berbasis pepaya selama 40 hari akan bisa meningkat signifikan dalam sembelit dan kembung.

Ketahuilah saudara, bahwa biji, daun dan akar pepaya tidak hanya bisa mengobati manusia saja.

Artikel Lainnya