Intip Fakta Pemakaman Pengeran Philip, Cuma Diharidi 30 Orang, Adakah Pangeran Harry?

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST/Instagram/The Royal Family

United Kingdom atau Inggris Raya sedang berduka. Salah satu orang terpenting di kerajaan Inggris meninggal, yakni Pangeran Philip. Dia wafat pada Jumat, 9 April 2021.

Pangeran Philip meninggal di usia 99 tahun. Padahal  dua bulan lagi dia akan merayakan ulang tahunnya yang ke-100 tahun, atau tepatnya pada 10 Juni.

Pria yang memiliki gelar Duke Of Edinburgh ini telah dikaruniai empat anak dari pernikahannya dengan Ratu Elizabeth II. Keduanya telah menikah selama 73 tahun! Harmonis, gaes.

Mengutip Kumparan, sebelum meninggal dia sempat menjalani perawatan intensif karena penyakit jantung yang dideritanya.

Lalu apa saja sih fakta kematian Pangeran Philip yang hanya dihadiri 30 orang dari anggota keluarga kerajaan? Berikut beberapa rangkumannya.

Istana Buckingham mengumumkan pemakaman Pangeran Philip, akan dilaksanakan di Kapel St George, Kastil Windsor, pada Sabtu 17 April.

Dikutip dari AFP melalui Kumparan, upacara pemakaman di Kastil Windsor akan disiarkan secara langsung oleh televisi yang dimulai dengan mengheningkan cipta selama satu menit.

Sementara itu, publik dilarang berkumpul saat prosesi pemakaman karena pembatasan penularan virus corona.

Juru bicara Perdana Menteri Inggris mengatakan bahwa pemakaman Pangeran Philip hanya akan dihadiri 30 orang.

Pembatasan itu dilakukan untuk mencegah penularan angka corona. Dikutip dari BBC, jumlah 30 orang itu diprediksi berasal dari keluarga Kerajaan Inggris saja.

“Karena peraturan di saat pandemi corona, hanya 30 orang yang dapat menghadiri pemakaman Pangeran Philip," ujar juru bicara tersebut.

Rencananya, peti mati Pangeran Philip akan diantar dari Kastil Windsor ke Kapel St George dengan Landrover yang telah dimodifikasi khusus.

Delapan orang akan membawa peti mati beserta karangan bunga, topi angkatan laut, dan pedang kerajaan. Prosesi ini akan disambut Dekan Windsor dan Uskup Agung Canterbury. Kesepuluh orang tersebut tidak termasuk dalam jumlah 30 orang.

Artikel Lainnya