Ini Waktu yang Tepat Simpan Ikan di Lemari Pendingin, Teliti Pula Ciri-ciri Kesegarannya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: The Spruce Eats.

Manfaat ikan cukup baik untuk kesehatan tubuh. Terutama ikan laut yang memiliki kandungan protein, asam lemak omega-3 dan vitamin cukup bagus untuk kesehatan. Itu sebabnya ikan kerap diburu untuk dikonsumsi selain daging sapi dan ayam.

Namun tidak banyak yang mengetahui cara menyimpan ikan dengan baik. Akibatnya ikan tidak lagi fresh, mengurangi cita rasa, dan menimbulkan masalah bagi tubuh. Belum lagi bau yang ditimbulkan. Menyengat!

Ada jurus jitu untuk menyimpan ikan agar tidak menghilangkan cita rasanya. Awet tanpa bahan pengawet.

Menurut seorang chef dan penulis buku masak, Stephanie Harris-Uyidi, sebagaimana dilansir Kompas, ikan dapat disimpan di lemari es hingga dua hari jika akan digunakan segera setelah pembelian.

Sementara itu, Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan agar kita menyimpan ikan segar, udang, kerang, dan cumi-cumi hanya satu hingga dua hari di kulkas.

Meski demikian, kita mungkin memiliki sedikit lebih banyak waktu luang dengan berbagai jenis ikan dan seberapa segar ikan tersebut.

Beberapa jenis ikan seperti kakap, flounder, tuna, swordfish, trout, dan salmon dapat bertahan dari tiga hingga lima hari.

Sedangkan ikan berminyak seperti mackerel, bluefish, dan sarden memiliki waktu penyimpanan yang sedikit lebih pendek. Oleh karena itu, kita harus memastikan untuk memasak dan memakannya dalam tiga hari.

“Apabila ikan tidak akan dikonsumsi dalam dua hari, kita perlu membungkusnya dengan rapat dengan kertas atau foil pembeku yang dapat melindunginya dari kebocoran udara di freezer,” kata Harris-Uyidi.

Untuk mencairkan ikan yang beku, kita perlu mengeluarkan ikan dari freezer dan memasukkannya ke dalam bagian chiller atau rak kulkas, lalu biarkan 18-24 jam agar mencair.

Di samping penyimpanan, ada juga hal-hal yang harus diperhatikan saat berbelanja ikan untuk memastikan membeli pilihan yang segar.

Harris-Uyidi mengungkapkan, filet atau ikan yang segar harus berkilau dan cerah, tidak abu-abu atau tampak kering.

Kemudian, insangnya harus lembap dan berwarna merah, sedangkan sirip dan ekornya harus terlihat cerah. Ikan bersirip harus memiliki daging yang keras dan elastis.

“Jika kita masuk ke pasar dan baunya terlalu amis, kemungkinan besar ikan tidak disimpan dengan benar dan kita harus menghindari tempat-tempat ini,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, bahwa ikan yang sudah dimasak tetap bisa dipertahankan kualitasnya jika disimpan di kulkas pada 0°C hingga 1,1°C selama dua hingga tiga hari. Sedangkan untuk salmon panggang dapat bertahan sekitar empat hari di kulkas.

Artikel Lainnya