nyedulur.com

Ini Refrensi Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh di Ruang Gelap

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Info Agrobis

Syarat utama agar tanaman bisa tumbuh subur mendapat sinar matahari dan penyiraman yang cukup. Apa mungkin tanaman bisa tumbuh dimasukan ke dalam ruangan? Jawabnya, bisa!

Dilansir dari CNN Indonesia, ada beberapa tanaman hias yang bisa tumbuh di dalam ruang. Malahan minim pencahayaan, alias gelap. Malahan bisa tumbuh dengan baik. Malahan kebutuhan air pun tidak terlalu tinggi.

Meskipun varietas tumbuhan indoor beragam, beberapa tanaman hias berikut ini bisa menjadi rekomendasi utnuk dirawat.

Jika Anda membutuhkan tanaman hias untuk mengisi sudut ruangan yang redup, cobalah merawat anggrek bulan atau anggrek ngengat.

Jenis anggrek phalaenopsis ini merupakan varietas paling popular. Terutama di Asia Tenggara dan Australia yang kerap dijadikan tanaman rumah.

Dari sekian banyak spesies, anggrek ngengat memiliki bentuk mirip serangga penyerbuk. Fisiknya berwarna ungu cerah dengan akar pendek mirip seperti ngengat terbang.

Bibit anggrek ini mudah ditemui. Semisal di tempat jual tanaman hias dengan harga yang relatif murah. Tapi ada juga jenis anggrek tertentu yang dibanderol dengan nilai tinggi.

Sebelum menanam, pastikan Anda membeli jenis anggrek ngengat atau phalaenopsis. Karena beda jenis anggrek bakal berbeda juga cara merawatnya.

Supaya anggrek ngengat cepat berbunga, gunakan tanah dan campuran kulit kayu sebagai media tanam. Untuk wadah bisa memakai pot plastik atau tanah liat.

Selain dalam pot, anggrek bulan juga memungkinkan bila ditanam pada lumut jenis sphagnum yang sudah kering. Sama seperti tanaman lain, anggrek ngengat juga butuh nutrisi untuk tumbuh menghasilkan bunga-bunga cantik dan sehat.

Pupuk buatan adalah jenis pupuk yang bagus untuk merawat anggrek bulan. Pemberian pupuk dapat dilakukan sebulan sekali dengan dosis yang sudah tertera pada kemasan.

Anggrek bulan jangan sering diberi air, idealnya disiram seminggu sekali. Selain itu penting untuk menjaga suhu ruangan agar tetap hangat, karena anggrek tidak suka kondisi dingin.

Tanaman anggrek bulan hanya butuh intensitas cahaya sedang. Itu sebabnya, hindarilah meletakkan anggrek di bawah sinar matahari langsung yang bisa membakar daun.

Selain anggrek bulan, beberapa tanaman hias ini juga bisa hidup lho di dalam ruangan gelap. Ini dia tanamannya.

Artikel Lainnya