nyedulur.com

Ini Lho Wisata Anyar di Kabupaten Probolinggo, Namanya Bukit Watu 99, Bisa Lihat Gunung Argopuro

Warta Bromo
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Berwisata ke Probolinggo dan sekitarnya identik dengan Gunung Bromo. Benar, gunung ini memang eksotis banget. Tidak hanya wisatawan dometik yang kesengsem, tapi juga turis mancanegara kerap berkunjung ke Bromo.

Kali ini Kabupaten Probolinggo memiliki wisata anyar. Namanya Bukit Watu 99. Lokasinya berada di Dusun Kembang, Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kotaanyar.

Jaraknya sekitar 14 km dari pertelon Gudang Garam Paiton. Akses termudah dari jalur Pantura Probolinggo-Situbondo. Wisata ini baru beroperasi pada bulan Juli lalu dan dikelola warga setempat.

Memang mendengar Namanya sedikit asing. Tak heran namanya kurang dikenal traveller. Selain itu, untuk masuk ke lokasi ini cukup menyediakan Rp7.000. Rinciannya, parkir Cuma Rp2.000 dan tiket masuk Rp5.000 per orang.

“Inisiatif bersama sejak pandemi Covid-19. Tujuannya agar para pemuda di sini tetap memiliki penghasilan, meskipun tidak keluar untuk bekerja. Masih delapan orang desa yang kami rangkul untuk mengelola,” sebut Abdul Kholik, selaku coordinator dikutip dari Warta Bromo.

Keindahan lereng pegunungan Argopuro atau Hyang menjadi salah satu daya tariknya. Berada di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl menawarkan sensasi luar biasa. Terlihat awan berarak mengelilingi lereng gunung.

Bahkan hamparan pemukiman di bawahnya seakan tertutup awan. Ada beberapa spot yang dapat digunakan pengunjung untuk berswafoto. Kalau penasaran ke sini saja.

Artikel Lainnya