Ini Kota-kota Besar yang Ramah bagi Wisatawan Disabilitas

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Visit Berlin

Liburan ke luar negeri menjadi keinginan setiap orang. Namun, bagi penyandang disabilitas, liburan ke luar negeri hanya sebuah impian. Banyak yang tidak paham lingkungannya, apakah ramah bagi disabilitas.

Seiring dengan kebebasan hak bagi penyandang disabilitas, banyak negara yang telah berubah. Mereka berloma-lomba mempercantik diri untuk menarik wisatawan disabilitas mancanegara.

Misalnya, penyediaan fasilitas umum yang ramah disabilitas. Sebut saja stasiun, terminal, bandara, trotoar, mall hingga pusat wisata dan perbelanjaan. Fasilitas tersebut telah disediakan parkir maupun toilet khusus untuk penyandang disabilitas.

Ibu kota Jerman, Berlin memenangkan EU City Access Award. Penghargaan itu didapat dalam upaya menciptakan lingkungan bebas hambatan. Sekaligus sistem transportasi yang sangat mudah diakses pada tahun 2013. Sebagian besar teater dan museum serta restoran dan bar dapat diakses oleh penyandang disabilitas.

Kemudian Denver, Colorado di Amerika Serikat. Meski terletak di Pegunungan Rocky, Denver relatif landai dan menjadi salah satu kota terbaik di AS untuk akses kursi roda. Banyak museum kota yang menawarkan tur khusus untuk penyandang disabilitas pendengaran.

Ada juga Sydney di Australia, Milan di Italia, serta Tel Aviv di Israel. Pemerintah telah mengubah wajah kota ramah disablitas. Ulsannya di tautan berikut.

Artikel Lainnya