Ini Dia Sarapan Rendah Kalori, Cocok Dinikmati untuk Jalani Diet

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Melewatkan sarapan dianggap membantu menurunkanberat badan. Padahal pendapat terebut tidak tepat. Justru sebaliknya.

Jika tidak melakukan sarapan bisa membuat gemuk. Masalahnya cukup banyak penumpukan lemak di tubuh.

Cobalah untuk sarapan sehat agar berat badan turun. Setidaknya stabil. Adapun beberapa menu bisa dicoba untuk teman sarapan, seperti dilansir dari Detik.

Telur paling sering dijadikan teman sarapan. Tidak salah memang. Sebab telur mengandung protein dan banyak vitamin serta mineral yang penting. Sebut saja selenium dan riboflavin.

Telur juga menjadi sumber nutrisi lengkap dan mudah untuk diolah. Sebab kandungan protein di dalam telur cukup tinggi. Selain itu, telur dapat mengurangi nafsu makan saat dinikmati ketika sarapan pagi.

Berdasarkan penelitian pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa sarapan telur dapat meningkatkan perasaan kenyang secara signifikan. Bahkan telur dapat mengurangi asupan makanan di kemudian hari, dibandingkan sarapan dengan bagel.

Penelitian lain pada 152 orang dewasa menemukan bahwa mengganti sarapan bagel dengan telur menghasilkan penurunan berat badan 65 persen lebih banyak. Selain itu bisa menurunkan lingkar pinggang 34 persen lebih besar selama periode delapan minggu.

Telur untuk sarapan bisa dibuat dengan cara direbus, orak-arik hingga telur mata sapi. Telur lebih pas jika dinikmati bersama dengan sayuran.

Sarapan sehat untuk diet rendah kalori salah satunya adalah biji gandum yang mengandung vitamin dan mineral terkonsentrasi termasuk mangan, tiamin dan selenium. Biji gandum tinggi serat dengan hampir 4 gram serap dalam setiap porsi (28 gram).

Studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat dari biji-bijian sereal dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Biji gandum bisa dinikmati sebagai topping untuk oatmeal, smoothie atau pun yogurt.

Buah pisang tinggi serat dan bisa jadi alternatif sarapan sereal manis untuk memuaskan perut dan lidah di pagi hari.

Satu buah pisang ukuran sedang memiliki lebih dari 100 kalori. Namun mengandung 3 gram serat makanan. Serat dapat membantu memperlambat pengosongan perut untuk mengekang keinginan ngemil dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa meningkatkan asupan serat dari buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan peningkatan penurunan berat badan.

Pisang dapat dinikmati sendiri atau diiris sebagai pelengkap taburan yogurt, keju cottage atau oatmeal. Buah pisang juga bisa dinikmati menjadi smoothies.

Artikel Lainnya