nyedulur.com

Ini Dia, Pelajar SMK Negeri 1 Ngawi Layangkan Gugatan Uji Materi UU Cipta Kerja, Sudah Baca?

Suara
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Undang undang Cipta Kerja mendapat perlawanan. Kali ini yang melakukan perlawanan adalah pelajar SMK Negeri 1 Ngawi. Siswi tersebut melakukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Diketahui bahwa siswi tersebut bernama Novita Widyana. Dia tercatat sebagai pemohon II dalam permohonan tersebut. Sebab dia tidak sendiri mengajukan gugatan, melainkan ditemani empat warga Ngawi lainnya.

Sementara empat warga Ngawi lainnya adalah Hakiimi Irawan Bangkid Pamungkas (karyawan swasta), Elin Dian Sulistioyowati (mahasiswa Universitas Brawijaya), Alin Septiana (mahasiswa Universitas Negeri Malang), dan Alin Sujito (mahasiswa STKIP Modern Ngawi).

Dikutip dari Suara.com, gugatan yang dilayangkan Novita dengan empat orang lain ini baru diketahui melalui laman resmi MK di mkri.go.id.

Permohonan itu bernomor tanda terima 2039/PAN.MK/X/2020, para pemohon mengajukan pengujian formil UU Cipta Kerja.

Pemohon menilai Pembentukan UU Cipta Kerja tidak sesuai dengan pembentukan undang-undang seperti yang diatur dalam UU No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, yang kemudian diubah dengan UU No. 15 Tahun 2019.

Dalam permohonan itu, para pemohon juga menegaskan bahwa "UU Cipta Kerja melanggar asas kejelasan tujuan, asas kesesuaian antara jenis, hierarki, dan materi muatan, asas kejelasan rumusan, dan asas keterbukaan".

Tag:

    Artikel Lainnya