nyedulur.com

Ini Dampak Malas Berolahraga, Timbul Berbagai Penyakit hingga Kematian Dini

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Shutterstock.

Semua orang pasti tahu bahwa olahraga adalah kegiatan penting untuk menunjang gaya hidup sehat. Akan tetapi, tak sedikit juga yang bermalas-malasan beraktivitas fisik.

Nah, taukah Anda jika malas melakukan aktivitas fisik, bisa mengancam kematian dini. Ngeri, lho ini.

Berdasarkan penelitian dalam jurnal The Lancet yang dilansir IDN Times, tubuh yang tidak aktif dan tidak banyak bergerak, menyebabkan kematian lebih tinggi dibandingkan karena rokok.

Selain bahaya kematian, ada banyak masalah yang ditimbulkan karena malas berolahraga. Seperti yang ditemukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), tidak melakukan aktivitas fisik yang cukup dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Sebab, aktivitas fisik membantu mengontrol glukosa darah, berat badan, dan tekanan darah. Serta membantu meningkatkan kolesterol baik (high-density lipoprotein atau HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (low-density lipoprotein atau LDL).

Aktivitas fisik yang memadai juga dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan kerusakan saraf, yang sering kali menjadi komplikasi penyerta diabetes tipe 2.

Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular baik orang dewasa, anak-anak sekolah, dan remaja. Termasuk yang tidak memiliki faktor risiko.

Menurut studi dalam International Journal of Epidemiology, menonton layar dan duduk selama 2 jam per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kardiovaskular, masing-masing sebesar 5 hingga 17 persen.

Beberapa masalah kardiovaskular yang risikonya meningkat akibat jarang olahraga adalah peningkatan tekanan darah, obesitas, kolesterol, hingga diabetes. Sementara itu, mengurangi waktu duduk dikaitkan dengan peningkatan fungsi vaskular.

Banyak kok, olahraga ringan yang bisa dipilih. Gowes, jalan kaki, jogging, yoga, atau senam ringan di rumah bisa dilakukan. 

Artikel Lainnya