nyedulur.com

Ini Bahaya! Ditemukan Cabai Rawit Merah Disemprot Cat, Alasan Harganya Lebih Mahal

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kompas.com.

Masalah ekonomi membuat petani berinisial BN ditangkap Polres Temanggung. Masalahnya dia menyemprot cabai rawit hijau menjadi merah. Perubahan itu mengikuti trend pasar. Di mana cabai rawit merah lebih mahal.

Kepada polisi, BN berdalih awalnya hanya iseng. Dia juga mengaku baru pertama kali melakukan aksi tersebut. Tapi kok di pemeriksaan polisi, dia mengaku terhimpit masalah ekonomi. Gimana sih?

Begini-begini. Kapolres Temanggug, AKBP Benny Setyowadi, dikutip dari Kompas, mengatakan bahwa motif sementara adalah himpitan ekonomi.

“Sementara ini motif pelaku adalah ekonomi, sebab cabai berwarna merah harganya lebih mahal. Ini masih penyidikan awal, pelaku baru kita amankan dan masih akan kita dalami,” katanya.

BN menjelaskan bahwa cabai rawit hijau harganya cuma Rp 20.000 per kilogram. Sementara cabai rawit merah bisa dua kali lipat. Harga di pasaran bisa tembus Rp 45.000 per kilogram. Pelaku juga mengaku perbuatannya baru pertama kali.

“Saya baru sekali melakukan ini, nyemprot cabai sudah 5 kilogram, kalau sawah saya itu 1 kesuk (0,5) hektare biasanya dapat panen 1 kuintal. Tapi yang disemprot cuma 5-6 kilogram lalu saya jual ke pengepul,” kata BN saat dihadirkan di Mapolres Temanggung.

Dari hasil pemeriksaan, cabai rawit yang disemprot cat merah oleh pelaku sudah beredar di sejumlah pasar. Ini daftar pasarnya.

Artikel Lainnya