Ini Alasan Mengapa Hari Valentine Identik dengan Cokelat, Ada Kisahnya, Intip Yuk

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Satu hari lagi Hari Valentine akan dirayakan. Setiap tahunnya, hari Valentine dirayakan setiap tanggal 14 Februari. Dalam perayaannya, selalu identik dengan bunga mawar dan coklat. Kenapa sih?

Umumnya hari valentine dirayakan dengan orang-orang tercinta. Di acara itu diselingi dengan tukar hadiah, mengirimkan kartu ucapan yang bernada kasih sayang, dan menghabiskan waktu bersama.

Walaupun demikian, terkadang pasangan selalu meminta untuk dikasih hadiah cokelat, tetapi apa sih makna cokelat sebenarnya?

Dikutip dari berbagai sumber, cokelat melambangkan dari kasih sayang, cinta yang mendalam, sensualitas, ketenangan, kenyamanan, dan gairah.

Hal itulah mengapa cokelat menjadi salah satu hadiah penting yang bisa diberikan kepada orang tercinta.

Tak hanya itu, diceritakan jika cokelat memiliki sejarah sebagai makanan cinta. Karena pada masa lalu dipercaya bahwa cokelat adalah makanan yang mahal, mewah, dan hanya diperuntukan bagi suku elit kelas atas.

Bahkan di era Victoria di Inggris sekitar tahun 1800-an, dipercaya bahwa coklat mempunyai hubungan dengan rasa cinta dan rayuan.

Akan tetapi, di era tersebut kaum wanita dilarang untuk menerima cokelat dari pria yang sudah memiliki pasangan. Wanita yang memberikan cokelat pada laki-laki juga dianggap sebagai hal tabu di masa tersebut.

Terlepas dari peran cokelat sebagai benda untuk meluluhkan hati wanita, secara ilmiah cokelat terbukti dapat menyenangkan hati bagi siapa yang mengonsumsinya.

Hal ini dikarenakan cokelat merupakan jenis makanan yang terbuat dari tanaman kakao. Di dalamnya terdapat senyawa yang dapat meningkatkan perasaan senang pada otak.

Tak hanya itu, cokelat juga memiliki berbagai manfaat untuk Kesehatan. Semisal meningkatkan fungsi kognitif, mengubah suasana hati jadi lebih baik, dan bisa menyehatkan jantung. Mau coklat Valenine?

Artikel Lainnya