Ingin Punya Mata Indah? Rawatlah Sejak Muda, Kuy, Intips Cara Menjaga Kesehatan Indera Penglihatan

Nyedulur
  • 21 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: iStock Photo.

Tidak bisa dipungkiri jika seluruh fungsi tubuh akan melemah seiring bertambahnya usia. Terutama indera penglihatan. Karena fungsi mata sangat penting. Salah satunya untuk melihat lawan jenis dan duit.

Anyway. Fungsi mata bisa menunjang aktivitas sehari-hari. Tapi tidak sedikit dijumpai abai dengan kesehatan mata. Terutama anak muda.

Di usia remaja masih gemar bermain, menonton maupun berkomunikasi menggunakan gawai. Dan itu dilakukan hampir 24 jam. Padahal, bisa saja kebiasaan menatap layar gadget dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Tidak hanya mata!

Diinformasikan dari Farmaku, ada banyak kasus berkurangnya kualitas penglihatan yang disebabkan oleh dua hal. Yakni pertambahan usia dan kebiasaan buruk yang membuat mata menjadi tegang. Salah satu penyebab mata tegang adalah terlalu sering bermain gadget.

Sebagai generasi muda, sudah sepatutnya kita mulai mengerjakan sejumlah pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan mata. Cara menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini:

Mata yang sehat diawali dari apa yang disajikan di piring Anda. Untuk itu mulai siapkan menu makanan sehat bergizi yang mengandung asam lemak Omega-3, zinc, vitamin C, vitamin E, serta lutein atau jenis karotenoid yang banyak terdapat pada buah-buahan dan sayur-mayur.

Jenis kandungan tersebut dipercaya dapat mengurangi risiko degenerasi makula yaitu gangguan kualitas penglihatan terkait usia dan mencegah katarak.

Jenis-jenis makanan sehat untuk merawat kesehatan mata adalah wortel, bayam, brokoli, ikan salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, atau jeruk.

Pola makan sehat juga membantu dalam mengurangi risiko obesitas sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe 2, yang salah satu gejalanya bisa menyebabkan kebutaan.

Aktivitas latihan atau olahraga tidak hanya menjaga berat badan tetap ideal tetapi juga salah satu cara memelihara kesehatan mata.

Berolahraga secara rutin dapat membantu dalam melancarkan sirkulasi darah sekaligus membuat tubuh tetap bugar untuk menjalankan aktivitas harian.

Selain itu, berolahraga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes retinopati yaitu kondisi yang mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah kecil di dalam mata.

Artikel Lainnya