Ingat Ya Gaes, Kucing Jangan Diberikan Makan Daging Olahan, Kata Pakar Jelas

Nyedulur
  • 15 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: The Telegraph.

Kucing salah satu hewan pemakan daging. Sudah jelas. Dia gemar memakan ikan dan daging merah. Tak sedikit pemilik kerap memberi makanan asal-asalan. Asal daging atau ikan. Malahan sisa makanan yang tidak habis, diberikan. Kasihan ya.

Hal yang perlu diingat, jangan asal memberi makan pada kucing. Apalagi ada jenis karnivora tertentu yang tidak bisa bebas makan sembarangan. Masalahnya makanan asal-asalan bisa menjadi boomerang bagi hewan lucu ini.

Pemberian makanan yang keliru bisa menjadi racun pada kucing. Bisa-bisa hewan peliharaan kesayangan Anda, sakit perut.

Sebelum memutuskan untuk berbagi makanan dengan kucing, ada baiknya mengetahui beberapa hal ini. Salah satunya, berilah makanan protein tinggi yang belum diolah. Tapi ada caranya.

Dr Gary J Kubala, VMD di Littlestown Veterinary Hospital menganjurkan untuk memberi kucing makanan berupa protein berkualitas tinggi yang dimasak seperti ayam, bebek, dan kalkun.

Daging olahan biasanya mengandung garam dan zat aditif yang kuat bagi tubuh kucing. Itu menurut Kubala. Jika kucing sempat mengambil sedikit makanan olahan saat kita tidak memerhatikannya, maka kita tidak perlu panik.

Sama seperti manusia, berat badan kucing bisa bertambah dengan mudah jika pola makannya tidak terkendali.

Namun, berbeda dengan kebutuhan kalori manusia, Kubala menjelaskan kucing hanya memerlukan 200 hingga 300 kalori per hari agar tetap sehat. Artinya, cemilan yang dianggap mencukupi bisa jadi tidak sehat bagi kucing peliharaan.

“Sedikit makanan sepanjang hari bisa menambah kalori dengan cepat,” jelasnya.

Jika ingin membagikan cemilan, berikan kurang dari satu sendok teh untuk mencegah penambahan berat badan dan gangguan sistem pencernaan pada kucing.

Selain daging olahan seperti ham, Kubala juga menyebutkan beberapa jenis makanan lain yang beracun bagi kucing.

Makanan tersebut meliputi cokelat dan produk berbahan dasar cokelat, bawang bombay, daun bawang, bawang putih, kacang macadamia, kismis, anggur, produk yang dimaniskan, minuman beralkohol, dan roti yang belum dipanggang.

Hanya karena rasanya enak, tidak berarti makanan itu aman untuk dibagikan dengan kucing.

Jika kita tidak yakin memberikan suatu makanan kepada kucing, bisa berkonsultasi ke dokter hewan agar kucing dapat menikmati camilan dengan aman tanpa gangguan kesehatan.

Artikel Lainnya