nyedulur.com

Ingat! Tubuh Butuh Imunitas di Tengah Pandemi dan Musim Hujan, Ini Nutrisi yang Dibutuhkan

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Menjaga imunitas tubuh di tengah pandemi virus corona saat ini menjadi kebutuhan. Sangat penting. Terlebih masyarakat menghadapi wabah virus corona di tengah musim penghujan.

BMKG bahkan memperkirakan akan terjadi cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan. Hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, musim penghujan tidak hanya mendatangkan banjir. Bisa juga mengundang berbagai penyakit. Situasi seperti ini tubuh memerlukan daya tahan ekstra, guna menangkal berbagai penyakit.

Sudah pasti asupan nutrisi dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut spesialis gizi, Diana Felicia Suganda, M. Kes, Sp.GK, sebagaimana dilansir Sindonews, sekira 70 persen dari sistem imunitas dipengaruhi kesehatan saluran pencernaan.

Bakteri baik berperan penting dalam proses pencernaan dan sistem imunitas. Jika saluran cerna sehat, maka imunitas tubuh pun akan meningkat.

“Karenanya konsumsi bahan makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik dapat meningkatkan kesehatan saluran cerna, termasuk susu fermentasi/yogurt,” ujarnya.

Bicara soal asupan nutrisi tepat, pastinya terdapat pada pola makan gizi seimbang. Komposisi makronutrien dan mikronutrien juga harus seimbang.

Selain itu, asupan protein juga harus diperbanyak, serta menerapkan perilaku hidup bersih sejak dini.

“Konsumsi buah dan sayuran penting, namun pastikan mengonsumsi makan dengan gizi seimbang (makronutrien dan mikronutrien), dan perhatikan asupan protein yaitu kombinas hewan dan nabati,” terangnya.

Dr. Diana menekankan perlunya mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Jumlahnya juga harus tepat. Begitu juga dengan jadwal makan yang teratur. Satu lagi mendapatkan berbagai variasi jenis makanan.

Butuh pula asupan vitamin C di tengah pandemi virus corona. Tapi perlu diingat, jika berlebihan vitamin C bisa berdampak buruk. Ini dampak yang ditimbulkan.

Artikel Lainnya