Ingat, Mulai 1 Juni Google Photos Hapus Konten Gratis, Ada Cara Mudah Simpan Foto-foto dengan Mantan

Nyedulur
  • 13 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Pepatah asing menyebut tidak ada makan siang gratis. Sepertinya pepatah itu digunakan Google. Perusahaan digital asal Amerika Serikat itu menghapus konten menyimpan foto gratis.

Layanan gratis ini akan dicabut pada 31 Mei 2021. Artinya mulai 1 Juni 2021 Google sudah tidak menyediakan paket gratisan untuk menyimpan foto-foto maupun video. Apalagi foto dan video mantan. Tanpa batas!

Mengutip Kumparan, kebijakan ini diambil setelah memanjakan pelanggannya selama lima tahun. Nah, mulai besok tidak ada lagi foto dan video baru yang diunggah.

Semuanya akan dihitung dengan batas maksimal 15 GB penyimpanan gratis yang disertakan dengan setiap akun Google. Aturan ini juga berbarengan dengan kebijakan Google Drive lainnya, seperti mulai menghitung file dokumen dan spreadsheet di Google Workspace.

Lalu pertanyaan dari banyak pengguna lama Google Photos adalah, apakah foto dan video yang sudah telanjur berada di penyimpanan sebelum 1 Juni akan terhapus?

Bagi pengguna lama Google Photos tak perlu khawatir. Foto dan video yang telah diunggah atau upload sebelum tanggal 1 Juni tidak akan terhapus otomatis dan dihitung sebagai bagian dari batasan 15 GB. Pengguna juga tidak akan dikenakan biaya dari penyimpanan foto dan video lama tersebut.

Jadi, hanya foto dan video yang diunggah setelah tanggal 1 Juni yang akan mulai dihitung. Setelah perubahan diterapkan, Google memperkirakan lebih dari 80 persen pengguna Google Photos saat ini masih dapat menyimpan file sekitar tiga tahun dengan 15 GB gratis itu.

Menilik ke belakang, pada November 2020, Google telah mengumumkan ruang penyimpanan gratis di Google Photos maksimal 15 GB. Langkah ini menjadi cara baru bagi Google untuk secara halus memaksa pengguna berlangganan Google One.

Layanan Google One akan dibanderol dengan harga USD2 atau sekitar Rp 30 ribuan. Tarif itu untuk berlangganan setiap bulan, dan mendapatkan ruang penyimpanan seluas 100 GB.

Sebagai catatan tambahan, pemilik smartphone Google Pixel masih dapat meng-upload foto berkualitas tinggi secara gratis dan tanpa batasan setelah tanggal 1 Juni.

Bagi yang ingin tahu cara backup foto dan video Google Photos, bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Artikel Lainnya