nyedulur.com

Ingat, Konsumsi Susu Sapi Bisa Patahkan Tulang, Kok Bisa?

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Lifeberrys.com

Susu sapi dikenal sebagai salah satu minuman yang tinggi kalsium untuk tubuh dan tulang. Selain itu, kandungan seperti selenium, vitamin B6, vitamin K, niasin, thiamin, dan riboflavin berguna akan tubuh.

Ada manfaat lain dari mengonsumsi susu sapi sesuai takaran. Salah satunya bisa menjaga kesehatan jantung serta mencegah diabetes.

Dilansir Kompas, mengonsumsi susu sapi setiap hari bisa timbul efek negatif. Berdasarkan riset yang dipblikaskan pada 2016, menemukan bahwa susu rendah lemak atau skim bisa memicu jerawat pada remaja. Itu jika dikonsumsi berlebihan.

Pasalnya, susu bisa memengaruhi hormon tertentu dalam tubuh. Termasuk insulin dan faktor pertumbuhan mirip insulin-1 (IGF-1). Tak hanya itu, alergi susu bisa terjadi karena tubuh bereaksi terhadap protein yang ada di dalamnya.

Alergi susu sapi bisa menyebabkan gejala seperti, asma, sesak nafas, diare, muntah, dan gangguan pencernaan. Dalam kasus parah, alergi susu juga bisa menyebabkan anafilaksis yang mengancam nyawa.

Konsumsi tiga gelas susu sapi atau lebih juga bisa meningkatkan risiko patah tulang. Hal ini disebabkan protein hewani pada susu sapi menghasilkan asam saat dipecah.

Untuk menetralkan dan membuang asam, tubuh harus menggunakan kalsium yang dikandung susu serta simpanan kalsium dalam tubuh.

Itu sebabnya, konsumsi susu sapi berlebihan bisa meningkatkan risiko patah tulang. Tahu nggak jika susu sapi bisa memperburuk sistem saraf. Nggak percaya? Buka link di sini.

Artikel Lainnya