Indahnya Bambu Jepang Dracaena, Bisa Ditempatkan di Dalam Ruang, Kuy Intip Cara Menanamnya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Mempercantik interior tidak selalu dengan benda mati. Sebut saja lukisan, gerabah, atau hiasan lain. Tanaman juga bisa menjadikan ruang lebih indah. Malah bisa menjadikan ruang lebih adem.

Salah satunya adalah bambu jepang dracaena. Tunggu! Sebetulnya bambu jepang merupakan tanaman hias dan bukan bambu yang biasa dijumpai dengan batang menjulang tinggi.

Kini masyarakat mulai gandrung dengan bambu jepang dracaena. Sebab tanaman ini tidak hanya bisa ditanam di luar, tapi bisa di ditempatkan di dalam ruangan.

Bambu jepang dracaena memiliki ukurang yang reltif lebih kecil. Sementara warnanya hijau segar. Itu sebabnya bambu jepang dracaena mulai banyak digandrungi.

Salah satunya seperti bambu jepang dracaena adalah tanaman hias yang memiliki ciri-ciri batang tegak dan tipis. Tanaman ini juga punya cabang lebat dan dapat mengulir.

Daunnya berwarna hijau tua dengan corak bintik-bintik. Daun yang berbentuk elips dengan ujung yang runcing ini umumnya berukuran panjang 8 cm dan lebar 4 cm.

Bambu jepang dracaena juga memiliki pertumbuhan yang cenderung lambat. Tinggi bambu jepang ini sekitar 60 cm dan menyebar hingga 38 sentimeter. Adapun bunganya berwarna putih dengan ukuran 7-8 cm.

Nah berikut cara merawat dan menanam bambu Jepang Dracaena ala CNN Indonesia.

Dracaena surculosa membutuhkan cahaya terang yang cukup untuk dapat tumbuh. Namun, jangan tempatkan di bawah sinar matahari langsung karena dapat membuat daunnya terbakar. Cahaya yang cukup bisa membantu daun bambu jepang tumbuh kuat.

Bambu jepang dracaena dapat hidup di lingkungan tropis hingga suhu minimal 10 derajat Celsius. Tanaman ini bisa diletakkan di dalam ruangan dengan suhu kamar.

Kelembapan bambu jepang dracaena juga harus diperhatikan. Pastikan tanah tetap lembap.

Selama periode pertumbuhan, sirami dracaena surculosa secukupnya untuk menjaga agar media tanam tetap lembap, tapi jangan sampai terlalu basah.

Siram dengan air secukupnya untuk mencegah kompos mengering. Bloombox Club merekomendasikan untuk menyiram dracaena sekali seminggu. Siram lebih sering saat udara sedang terik.

Jangan lupa untuk berikan pupuk cair dua minggu sekali. Pastikan mencampur pupuk cair dalam keadaan tanah atau media tanam yang kering.

Dikutip dari Plants Rescue lewat CNN Indonesia, pot yang tepat untuk bambu jepang dracaena adalah pot dengan kedalaman 12 cm.

Dracaena surculosa dapat diperbanyak dari stek ujung yang diambil dengan tiga atau empat daun yang menempel.

Artikel Lainnya