Indah, Ini Pemandangan Lima Pulau di Tengah Danau, Di Sini Tempatnya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Travel and World.

Indonesia kaya akan fenomena alam yang luar biasa. Beberapa di antaranya ada yang dijadikan objek wisata, yang kemudian terkenal dan viral.

Omong-omong soal keindahan alam, ada salah satu surga tersembunyi. Lokasinya di Tanah Borneo. Tepatnya di Sanggau Kalimantan Barat, yakni Danau Laet.

Siapa pun yang berkunjung ke danau ini dibuat takjub. Pemandangan alam di lokasi ini benar-benar eksotis dan memesona. Instagamable.

Dilansir dari Merdeka, danau yang terletak di kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat ini memiliki lima pulau kecil di tengah-tengahnya.  Kelima pulau tersebut adalah Pulau Ambos, Songe, Penyaok, Nyetnyet dan Lambung.

Tak hanya sekadar dipandang, pulau-pulau kecil ini juga bisa dijangkau menggunakan perahu. Cukup menyewa seharga Rp 150 ribu Anda puas mengelilingi danau dan pulau-pulau. Terbayang kan bagaimana asik dan serunya?

Danau yang berada di perbatasan Malaysia ini memiliki hamparan pepohonan yang hijau. Pulau-pulau kecil di sekitarnya menjadi pemanis keindahan danau. Air yang jernih membuat berbagai spesies ikan nampak berkeliaran ke sana ke mari mencari mangsa.

Memandang air danau yang tenang pun seolah memberikan kedamaian bagi pengunjung. Tak cukup sampai di situ.

Keelokan danau ini semakin menawan dengan pemandangan kedua gunung yaitu Gunung Lait dan Gunung Tiong. Panorama gunung, danau dan gugusan pepohonan menjadi perpaduan indah yang memanjakan mata.

Setiap sudut Danau Laet memang tak boleh dilewati. Pada tepian danau, wisatawan bisa menikmati rindangnya hutan bakau. Angin yang berembus, udara segar yang dihirup setidaknya ampuh untuk menghilangkan penat sejenak.

Berjarak sekitar 80 KM dari kota Pontianak, wisatawan bisa bercengkerama bersama orang spesial di danau ini. Keindahan Danau Laet terbukti. Danau dengan kedalaman 4,5 meter ini juga menjadi tempat pembuatan film Tanah Surga Katanya.

Sepanjang danau terdapat jembatan yang mengelilingi tepian danau hingga menuju ke tengah. Jembatan kayu coklat ini membuat wisatawan bisa mengabadikan momen di spot terbaik Danau Laet.

Tak hanya cantik saat siang saja. Danau ini juga terlihat eksotis untuk menikmati momen matahari pulang ke peraduannya.

Gradasi langit berwarna jingga, ungu dan warna danau yang biru membuat Danau Laet menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset.

Danau yang memiliki luas sekitar 800 hektar ini juga dianggap sebagai miniatur Danau Sentarum, danau yang berada di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Untuk berkunjung, Danau Laet dibuka pukul 08.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk seharga Rp 20.000/orang. Murah, kah.

Artikel Lainnya