Ilkay Gundogan Lambungkan Manchester City, Sumbang Dua Gol Gasak Spurs 3-0, Kokoh di Puncak Klasemen

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Dailymail/Reuters.

Nama Ilkay Gundogan sedikit asing di Liga Inggris. Maklum, sejak dicomot Manchester City dari Borussia Dortmund pada 2016, kiprahnya kurang memesona. Pamornya kalah dengan Kevin De Bruyne, Fernandinho, David Silva, Raheem Sterling, Bernardo Silva, atau Leroy Sane di lini tengah City.

Namun di musim 2020/2021 ini, namanya terus disorot. Malahan Gundogan kerap menjadi pilihan utama Pep Guardiola di sektor sentral. Kepercayaan itu mampu dijawab gelandang kelahiran Gelsenkirchen, 24 Oktober 1990 itu dengan baik.

Sejauh ini dia telah mengemas sebelas gol sepanjang musim 2020/2021. Dia menjadi pemain Jerman kedua yang bisa mencetak lebih dari sepuluh gol di Liga Inggris dalam satu musim. Pencetak gol terbanyak pemain Jerman di Inggris masih dikuasai Jurgen Klinsmann dengan 20 gol. Wajar, seorang striker.

Hebatnya, pemain berdarah Turki ini mengemas sepuluh gol dari 12 laga. Dia juga menyumbang Sepasang gol ke gawang Tottenham Hotspur menit 50 dan 56, Minggu 14 Februari 2021, dini hari WIB.

Dua gol itu mengantar City menang 3-0 atas tamunya di Etihad Stadium. Sementara satu gol lainnya disumbang Rodrigo Hernández Cascante melalui sepakan 12 pas menit 23.

Kini Manchester City kokoh di puncak klasemen dengan 53 poin. Unggul tujuh poin dari Leicester City yang ada di urutan kedua. Adapun Lecester menambah tiga poin usah menggasak Liverpool 3-1 di King Power Stadium.

Pelatih City, Pep Guardiola memuji kiprah Gundogan bersama timnya. Sebelumnya Gundogan telah merebut pemain terbaik pada bulan Januari.

“Jika dia terus bermain seperti ini pada Februari, dia akan memenangkannya lagi,” kata Pep, sapaan Guardiola kepada BBC Sport.

“Saya katakan berkali-kali dia bisa bermain sebagai striker, seperti false nine, dan orang-orang tertawa,” Guardiola menambahkan.

“Saya mengerti mengapa karena dia tidak melakukannya di sini. Tapi dia memiliki perasaan untuk mencapai tujuan,” tegasnya.

Pujian juga dilayangkan legenda Liverpool, Jamie Carragher. Dia menilai sosok gelandang 30 tahun itu cukup sentral di lini tengah City. Selain sebagai gelandang, perannya bisa menjadikan diri sebagai second bahkan striker utama.

“Sepertinya Gundogan akan menjadi orang yang membawa Manchester City meraih gelar. Dan layak merebut gelar PFA (pemain terbaik musim ini),” kata Carragher kepada Sky Sports.

Beberapa media Inggris memberi nilai 9 kepada Gundogan atas penampailannya dini hari WIB. Penilaian itu merupakan yang tertinggi di antara pemain dari kedua kesebelasan.

Artikel Lainnya