Ikuti Langkah Ini, Bikin Mendol Tempe Tidak Gampang Hancur, Dijamin Lezat

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Akurat.

Mendengar mendol tempe memang belum banyak yang tahu. Sejatinya makanan ini cukup populer di beberapa kota di Jawa Timur. Terutama di Kota Malang, mendol tempe sangat populer.

Mendol tempe kerap dijadikan lauk untuk dipadukan dengan beberapa makanan tertentu. Sebut saja dengan rawon, sayur asam, sup, nasi pecel, dan beberapa masakan Jawa lainnya.

Sebetulnya, pembuatannya cukup sederhana. Tapi jika urut-urutannya salah, makanan ini bisa hancur tak berbentuk, lho.

Jadi berikut beberapa cara ala Executive Chef  Hoeal Santika Premiere Malang, Sujak yang sudah dirangkum dari Kompas. Anda bisa ikuti agar saat menggoreng mendol tempe tidak hancur.

Chef Sujak menyarankan untuk menggunakan bahan perekat adonan berupa tepung maizena atau tepung kanji dan sedikit telur. Bahan tersebut bertugas untuk merekatkan adonan saja.

“Kalau pakai tepung sedikit saja, cukup untuk merekatkan. Pakai tekur juga bisa,” paparnya.

Namun, saat memakai telur, lebih baik tuangkan telur kocok sedikit demi sedikit agar tekstur mendol tetap padat dan tidak lembek.

Tepung dan telur bukan bahan utama mendol. Anda hanya perlu memberi tepung dan telur sedikit saja.

Menurut Chef Sujak, poin penting dalam membuat mendol adalah kepadatan adonan.

“Sebenarnya tidak perlu menggunakan tepung dan telur. Yang penting adonannya tetap padat dan tidak mudah berubah saat dibentuk,” jelas Sujak.

Tekstur mendol harus padat dan bisa dibentuk lonjong saat dikepal. Adonan mendol juga tak boleh terlalu encer karena akan merusak tekstur mendol saat digoreng.

Tekstur akhir mendol adalah renyah dan garing. Chef Sujak menyarankan untuk menggunakan api yang besar dan minyak panas saat menggoreng mendol.

“Sebenarnya kan dia sudah matang saat tempenya direbus, yang penting bagian luarnya sudah garing, nah itu gak akan pecah,” jelasnya.

Minyak panas akan langsung mematangkan bagian luar mendol dengan cepat sehingga adonan akan cepat terkunci dan tidak pecah saat digoreng.

Sujak memaparkan teknik memasak mendol ini hanya untuk merekatkan bagian luar mendol dan memberi warna coklat keemasan.

Teknik membentuk mendol pada dasarnya adalah dengan mengepalkannya dengan tangan sampai berbentuk lonjong. Pada proses ini, usahakan adonan mendol benar-benar padat dan tidak banyak ruang udara di dalamnya.

Artikel Lainnya