nyedulur.com

Hore, Pemerintah Baik, Siapkan Kucuran Subsidi KPR Rp40 Juta, Cek Syaratnya

Nyedulur
  • 21 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Memiliki rumah sendiri menjadi kebanggaan. Sebab, kepemilikan itu bisa menaikkan status sosial. Tapi kendala melambungnya harga membuat banyak yang belum sanggup membeli rumah.

Pilihannya menjadi kontraktor. Alias mengontrak rumah dan kerap berpindah-pindah. Pilihan lain menumpang orang tua atau mertua, dan terakhir adalah kos.

Tenang, gaes. Kali ini pemerintah berencana mengucurkan subsidi kredit kepemilikan rumah atau KPR hingga Rp40 juta! Lumayan kan, cicilan tidak memberatkan.

Dilansir dari Detik jika bantuan tersebut disalurkan melalui PT Bank Tabungan Negara Tbk dengan skema Kredit Pemilikan Rumah Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (KPR BP2BT).

Direktur Consumer and Commercial Lending Bank BTN Hirwandi Gafar mengatakan melalui skema tersebut, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa memiliki hunian dengan subsidi KPR hingga Rp 40 juta. Bantuan tersebut untuk mengurangi nilai angsuran KPR.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan pemerintah melalui Kementerian PUPR kepada BTN. Kami berkomitmen menyalurkan seluruh alokasi tersebut dengan mengandalkan infrastruktur pembiayaan perumahan BTN yang kuat di Indonesia,” kata Hirwandi.

BTN juga telah merancang fitur graduated payment mortgage (GPM) dalam KPR BP2BT. Termasuk subsidi KPR.

Fitur yang diluncurkan pada tahun lalu menawarkan keringanan angsuran berjenjang dengan suku bunga fixed sebesar 10 persen selama tiga tahun pertama.

Untuk pemilikan hunian melalui KPR BP2BT juga memberikan bantuan uang muka sebesar 45 persen dari harga rumah atau maksimal Rp40 juta. Kemudian, uang muka mulai 1 persen dan tenor kredit hingga 20 tahun.

Lalu apa saja syarat mendapatkan subsidi KPR Rp 40 juta?

Artikel Lainnya