nyedulur.com

Hore, Kemendikbud Beri Bantuan kepada Pelajar Hingga Rp1 Juta, Catat Websitenya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Sekolah secara daring di rumah yang cukup lama sangat membosankan. Selain tidak bisa berjumpa dengan teman dan guru, banyak kendala yang dihadapi.

Salah satunya adalah masalah kuota paket data. Sebab sekolah daring membutuhkan paket data telpon seluler, karena semua materi pembelajaran dilakukan secara digital. Akibatnya banyak yang tidak menerima suplai kuota dari pemerintah sesuai kebutuhan.

Jangan bersedih. Ada kabar baik buat pelajar dan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan, baik siswa Sekolah Dasar (SD) hingga mahasiswa.

Dilansir dari Pikiran Rakyat, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selama tahun 2020 ini telah menyalurkan program bantuan berupa uang tunai untuk para siswa sekolah dasar dan menengah hingga mahasiswa melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

PIP adalah program bantuan tunai untuk pendidikan berupa uang tunai khusus diberikan untuk anak usia sekolah yang masuk dalam kriteria keluarga miskin dan rentan miskin, yang sedang mengikuti pendidikan formal maupun non formal.

Bantuan pemerintah berupa PIP disalurkan melalui atau bagi pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan dapat dicairkan dalam bentuk dana tunai. Adapun beberapa kriteria dan jumlah bantuan dana yang diberikan.

Pertama adakan tingkat SD/MI/Paket A, pemerintah memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp450.000 per tahun. Selanjutnya, tingkat SMP/MTs/Paket B, peserta didik akan menerima bantuan Rp750.000 per tahunnya.

Sementara jenjang SMA/SMK/MA/Paket C, pemerintah memberikan dana bantuan sebesar Rp1 juta per tahun.

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui telah terdaftar ke dalam Program Indonesia Pintar (PIP) pemerintah? Ikuti langkah-langkah di tautan berikut.

Artikel Lainnya