Hore, Ada Kabar Baik dari Pemerintah, Mudik Lebaran Tidak Larang, Intip Yuk Tarif Tol Jakarta-Surabaya

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Bisnis Indonesia/Antara.

Hari Raya Idul Fitri masih dua bulan lagi. Setidaknya ada kabar baik dari pemerintah. Melalui Kementerian Perhubungan memastikan tidak da larangan untuk mudik pada libur lebaran tahun ini.

Maka itu, nabunglah dari sekarang. Minimal untuk mengisi e-toll untuk pulang kampung, menengok saudara dan kerabat di kota asal.

Mengutuip Kumparan, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyampaikan hal tersebut pada rapat dengan Komisi V DPR, Selasa 16 Maret 2021.

“Pada prinsipnya pemerintah melalui Kemenhub tidak melarang (mudik). Kami akan berkoordinasi dengan Satgas terkait mekanisme mudik diatur bersama dengan pengetatan dan melakukan tracing yang akan bepergian,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Dengan diperbolehkannya mudik pada libur lebaran Idul Fitri 2021, diprediksikan akan banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi.

Selain untuk menghindari kerumunan, faktor hadirnya diskon PPnBM 0 persen bagi pembelian mobil baru juga bisa jadi pemicu banyaknya masyarakat yang ingin mudik dengan mobil pribadi.

Apalagi, hadirnya tol Trans Jawa, yang kini sudah terbentang dari Merak hingga Probolinggo, membuat perjalanan lebih mudah dan cepat.

Salah satu kota tujuan yang paling banyak dituju saat musim mudik lebaran, yakni Surabaya. Ibu kota Jawa Timur itu hampir selalu jadi tujuan utama masyarakat untukistirahat, sebelum melanjutkan perjalanan ke Madura, Banyuwangi, bahkan Bali.

Hadirnya tol Trans Jawa, perjalanan dengan mobil pribadi dari Jakarta menuju Surabaya berkisar antara 9 hingga 10 jam.

Nah bagi Anda yang mungkin pada mudik lebaran nanti ingin bepergian ke Surabaya menggunakan mobil pribadi, perlu memerhatikan tarif tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Surabaya.

Siapkan duit sekitar Rp 679.500 untuk masuk jalan tol. Tarif itu hanya untuk sekali perjalanan. Apabila melakukan perjalanan pergi dan pulang, tinggal kalikan dua, sajalah. Sekitar Rp 1.359.000.

Hitungan itu, belum termasuk biaya tambahan ruas tarif tol tempat memulai perjalanan dari dalam kota Jakarta. Jadi, Anda yang mengawali perjalanan dari ruas Tol Dalam Kota, maka siapkan biaya tambahan sebesar Rp 10 ribu untuk pembayaran ruas Tol Dalam Kota.

 

Tarif Tol Jakarta-Surabaya

Ruas Tol Jakarta-Cikampek: Rp20.000

Ruas Tol Cikopo-Palimanan : Rp107.500

Ruas Tol Palimanan-Kanci: Rp12.500

Ruas Tol Kanci-Pejagan: Rp29.500

Ruas Tol Pejagan-Pemalang: Rp60.000

Ruas Tol Pemalang-Batang: Rp39.000

Ruas Tol Batang-Semarang: Rp75.000

Ruas Tol Semarang-ABC: Rp5.000

Ruas Tol Semarang-Solo: Rp65.000

Ruas Tol Solo-Ngawi: Rp91.000

Ruas Tol Ngawi-Kertosono: Rp88.000

Ruas Tol Kertosono-Mojokerto: Rp49.000

Ruas Tol Mojokerto-Surabaya: Rp38.000

Artikel Lainnya