Hindari Jerawat, Lakukan langkah Ini Setelah dan Sebelum Pakai Masker

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Radar Bandung.

Masker menjadi kebutuhan wajib yang harus dikenakan di mana pun. Sebab pemerintah telah menerbitkan peraturan daerah tentang penggunaan masker. Langkah ini sebagai antisipasi penyebaran virus corona dan penyakit lain.

Akan tetapi, tak jarang penggunaan masker yang terlalu lama dapat menimbulkan masalah pada kulit. Seperti menyebabkan iritasi, kekeringan, maupun timbulnya jerawat pada kulit wajah.

Dilansir dari Merdeka, satu-satunya cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari masalah kulit adalah melakukan perawatan sederhana. Bisa dilakukan di rumah, gaes.

Salah satunya adalah saran dari Director of Worldwide Nutrition Product Training, Herbalife Nutrition, Laura Chacon-Garbato. Dia menyarankan agar memilih masker wajah yang kreatif di pasaran.

Pilihlah salah satu masker dengan bahan yang pas dan nyaman serta terbuat dari bahan yang tidak membuat sulit untuk bernapas.

Laura mengatakan bahwa tidak semua bahan dibuat sama. Poliester, misalnya. Masih bisa memerangkap keringat, menyebabkan iritasi, dan memicu jerawat. Kain dapat menjadi jawaban munculnya jerawat.

Carilah masker yang terbuat dari bahan katun, karena dapat membantu menyerap keringat dan memungkinkan kulit untuk bernapas.

“Rajin mengganti dan mencuci masker secara teratur, karena ini bisa membantu meredakan jerawat dan flare-up (radang atau kulit memerah) kulit sepanjang hari," katanya.

Sama seperti saat memersiapkan tubuh sebelum mengenakan pakaian, yaitu dengan cara melembapkannya. Sebelum mengenakan masker, sebaiknya menggunakan pelembab wajah yang memiliki sifat menghidrasi.

Carilah bahan-bahan seperti chamomile dan aloe vera, yang dikenal karena sifatnya yang menenangkan. Hidrasi dapat membantu mencegah iritasi. Cobalah menghindari riasan tebal dan berminyak karena dapat menyumbat pori-pori.

Artikel Lainnya