Hindari Empat Minuman Berikut di Malam Hari, Bisa Ganggu Kenyamanan Tidur

Nyedulur
  • 21 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Healthline.

Tidur dalam kondisi lapar kadang mengganggu. Maka itu perut perlu diisi sebelum istirahat malam. Dalam kondisi kenyang itulah, tidur benar-benar bisa nyaman. Ah, benarkah?

Sebetulnya, tidur dalam kondisi kenyang isa menimbulkan gangguan. Penyababnya bukan hanya makanan, tapi bisa karena minuman. Risiko yang dihadapi saat tidur dalam kondisi kenyang menaikkan berat badan, memengaruhi kulaitas tidur dan kesehatan bisa bermasalah.

Sebaiknya, hindari makan maupun minum tertentu sebelum tidur. Sebab, keduanya bisa memengaruhi kualitas tidur malam. Apa saja sih?

Well, kita bahas minuman. Tidak hanya kopi yang mengandung kafein, teh hijau pun demikian. Teh biasanya dikenal sebagai minuman yang membuat rileks sehingga membantu tidur lebih nyenyak. Dikutip dari CNN Indonesia.

Namun ini tidak berlaku untuk teh hijau. Selain kafein, teh hijau mengandung dua stimulan yakni, theobromine dan theophylline. Keduanya mengakibatkan peningkatan detak jantung, rasa grogi, dan kecemasan.

Melansir dari Medical News Today, jenis teh yang disarankan untuk diminum sebelum tidur antara lain, teh chamomile, teh lavender dan teh hijau tanpa kafein.

Segelas anggur atau wine memang nikmat selepas makan malam dan bersantai sebelum tidur. Padahal wine justru membuat Anda sulit mencapai REM (Rapid Eye Movement) di mana tidur nyenyak dan mimpi terjadi.

“Penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol sebelum tidur dapat membuat Anda lebih mungkin terbangun sepanjang malam dan menurunkan kualitas tidur. Kita juga tahu alkohol dapat mengakibatkan ngorok, karena alkohol adalah pelemas otot yang ampuh,” ujar ahli gizi, Mitzi Dulan

Anda mungkin banyak mendengar kalau soda tidak baik dikonsumsi. Minuman bersoda memiliki reputasi buruk terkait kandungan gula yang tinggi.

Melansir Delish melalui CNN Indonesia, konsumsi gula berlebihan bisa membuat Anda susah tidur atau sering terbangun. Mengapa? Saat kadar gula dalam darah tinggi, maka hormon yang membantu tidur akan menurun.

Ada banyak cara memenuhi kebutuhan vitamin C. Salah satunya minum jus jeruk. Namun bukan ide bagus jika minum jus jeruk jelang tidur.

Jus jeruk mengandung asam yang sangat tinggi. Meski Anda tidak memiliki riwayat masalah lambung, tetapi akan lebih baik menghindari jus jeruk dan meminimalisasi risiko asam lambung.

Artikel Lainnya