Heboh! Desa di Klaten Punya Puluhan Pasang Orang Kembar, Kepala Desa: Keturunan Alamiah

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kompas.com.

Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Jawa Tengah mulai menjadi bahan pembicaraan. Bukan soal keberhasila pembangunan. Juga bukan masalah kriminalitas. Tapi banyaknya soal orang kembar di desa tersebut.

Kepala Desa Jonggrangan Sunarna mengatakan orang kembar di desanya mencapai puluhan. Menurutnya sudah cukup lama orang kembar di desanya dikenal masyarakat luas. Namun mulai ramai dibicarakan publik sekitar tahun 2000-an.

“Itu keturunan alami. Sudah ada dari dulu. Mulai booming-nya itu tahun 2000,” kata dia di Klaten, Jawa Tengah, mengutip Kompas Senin 22 Februari 2021.

Orang kembar identik yang sekarang tinggal di Desa Jonggrangan ada 20 pasang. Paling tua usianya 50 tahun. Sedangkan, paling muda tiga tahun.

Namun Sunarna mengaku tidak tahu secara persis awal mula keberadaan orang kembar di Desa Jonggrangan.

“Tidak ada cerita dari simbah-simbah (kakek-nenek) dulu. Kayaknya alamiah. Tidak ada cerita,” ungkap Sunarna.

Desa Jonggrangan memiliki 10 dukuh dan tujuh rukun warga (RW) ada 22 rukun tetangga (RT). Penduduk kembar ini berada di lima dukuh.

Kemudian jumlah orang kembar ini paling banyak berada di RW 001 Dukuh Jonggrangan. Mereka hidup normal dan tumbuh dewasa.

“Adik saya juga kembar. Namanya Ari Wibowo dan Ari Nugroho. Yang membedakan adik saya satunya punya siwil. Sampai sekarang tidak dioperasi sebagai ciri khas untuk membedakan,” Sunarna menambahkan.

Meski sudah berkeluarga, kata Sunarna belum ada orang kembar di Desa Jonggrangan yang memiliki keturunan kembar.

Pun demikian, tidak ada kesulitan dalam pencatatan dokumen kependudukan. Meskipun banyak warganya yang kembar. Menurutnya, sering salah sebut nama karena kemiripan wajahnya.

Salah satu orang kembar Desa Jonggrangan Kris Joko Raharjo mengaku punya saudara kembar bernama Kris Joko Santoso. Sekilas tidak ada perbedaan antara Kris Joko Raharjo dengan sang adik.

Untuk membedakan secara fisik, Kris Joko Raharjo menyemir rambutnya warna kuning emas.

“Biar berbeda saya semir rambut saya,” kata dia.

Artikel Lainnya