Hebat, Surabaya Pernah Jadi Gudang Tim Balap Sepeda Internasional

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Jawa Timur boleh dibilang sebagai gudang tim balap sepeda. Beberapa klub beken pernah lahir di beberapa kota. Sebut saja Surabaya. Setidaknya terdapat dua klub internasional yang lahir dari rahim Kota Pahlawan.

Kedua klub tersebut sama-sama terdaftar di organisasi balap sepeda internasional atau UCI (Union Cylceste Internationale). Wismilak International Team pernah menjadi klub balap sepeda pro continental team pertama asal Asia. Tim ini berdiri pada tahun 2002 dengan nama Mandiri di Surabaya.

Satu tahun kemudian tim ini naik kelas menjadi continental team atau tim divisi III pertama asal Indonesia, sekaligus dari Asia tenggara. Saat itu tim ini terdaftar di UCI dengan nama Wismilak Cycling Team (WCT).

Pebalapnya mayoritas dicomot dari Jatim. Sebut saja Samai, Wawan Setyoudi, Mat Nur, Goang Sulistiyono, dan Edi Keling. Keempatnya ditopang climber terbaik nasional saat itu, Tonton Susanto dan pebalap asal Jawa tengah, Adi Wibowo. Tim ini ditopang dua pebalap asing, Phillip Thuaux dan Chris Bradford.

Tim ini kembali turun ke divisi III atau continental team setelah dua tahun berkiprah di divisi II. Pilihan buruk harus dipilih. Yakni bubar setelah mengikuti Tour of China Juli 2006. 

Selama balapan di Asia, kompetisi yang diikuti tergolong cukup kompetitif. Sebut saja Tour de Qinghai Lake (Cina), Le Tour de Langkawi (Malaysia), Tour of Japan (Jepang), Tour of Korea (Korea), dan Tour de East Java (Indonesia).

Beberapa pebalapnya pernah meraih gelar individu. Tonton Susanto pernah juara etape Le Tour de Langkawi kategori pebalap Asia. Samai dan Goang merebut green jersey pada Tour de East Java 2005 dan 2006. 

Polygon Sweet Nice merupakan tim yang lebih dulu berdiri. Tim ini lahir pada tahun 94 dengan nama Sweet Nice. Setelah mendapat pasokan sponsor dari Polygon, tim ini kemudian terdaftar sebagai continental team kedua yang berasal dari Indonesia pada 2006.

Prestasi paling fenomenal adalah saat menjuarai Tour de Indonesia 2010 dan 2011. Itulah prestasi tertinggi yang pernah dicatat Polygon Sweet Nice sebagai continental team.

Saat menjadi juara PSN diperkuat Mat Nur, Herwin Jaya, Bambang Suryadi, Eko Nandra Wahyudi, dan Dani Lesmana. Di luar itu, tim asal Tenggilis Mejoyo, Surabaya ini memiliki pebalap lain seperti Hari Fitrianto, Budi Santoso, Ferinanto, Robert Wijaya, dan Jimmy Pranata.

Hari Fitrianto pernah meraih emas SEA Games 2011 nomor jalan raya perorangan putra. Sedangkan Ferinanto pernah mengalungkan emas SEA Games 2005, 2007, dan 2009. Mat Nur juga pernah merebut gelar one day race, Tour Jakarta 2010.

Nama besar PSN pernah diminati pebalap asing dari berbagai negara. Sebut saja Suhardi Hasan, Loh Sea Kong (Malaysia), Vyacheslav Dyadichkin, Yevgeniy Yakovlev, Sergey Kuzmin (Kazakhstan), Sergey Kudentsov, Timofeev Artyom, Roman Krasilnikov (Rusia), Edgar Nohales Nieto, Oscar Puyol (Spanyol), dan Vladimir Yesid Lopez Gil (Kolumbia).

Artikel Lainnya