Hebat, Red Velved dan Seohyun SNSD Pernah Tampil di Korea Utara, Di Hadapan Kimg Jong-un

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kbizoom.

Sejak meredanya perang Korea membuat hubungan Pyongyang dan Seoul begitu dingin. Dinginnya hubungan itu terlihat dari keengganan kedua pihak menerima produk masing-masing negara. Dari segala sektor. 

Sebut saja warga Korea Utara dilarang menggenggam ponsel bermerek LG atau Samsung. Begitu juga mobil, pemerintah Korut mengharamkan warganya naik Hyundai ataupun KIA.

Nah apa jadinya bila sejumlah idol Korea Selatan tampil di Pyongyang? Luar biasa. Meskipun cukup banyak idol yang tampil di Amerika Serikat, Indonesia, Cina, Jepang, Taiwan, hingga negara-negara Eropa, tapi untuk tampil di tetangga sebelah, rasanya luar biasa.

Tapi faktanya itulah yang terjadi. Pemimpin Korut, Kim Jong-un bersama istrinya, Ri Sol-ju, menikmati pertunjukan bertajuk "Spring is Coming" yang digelar Grand Theater pada Minggu, 1 April 2018.

Mengutip Liputan6, pertunjukan tersebut merupakan konser pertama dalam sepuluh tahun terakhir, yang menampilkan sejumlah artis papan atas Korea Selatan.

Kim Jong-un merupakan pemimpin Korea Utara pertama yang menghadiri pertunjukan kelompok artis Korea Selatan.

Girlband Red Velvet merupakan satu di antara pengisi acara yang tampil dalam konser tersebut. Meski terbilang baru, grup yang dibentuk pada 2014 itu telah mendapat sejumlah penghargaan.

Selain girlband beranggotakan lima orang itu, sejumlah artis papan atas Korea Selatan turut tampil dalam konser di Korea Utara tersebut. Penasaran, siapa saja sih?

Seohyun memulai karirnya di dunia K-pop pada 2007. Dia bergabung bersama girlband Girls' Generation. Girlband papan atas yang juga dikenal dengan sebutan SNSD itu, merupakan salah satu grup K-pop terpopuler di seluruh dunia.

Pada Februari 2018, anggota termuda SNSD itu tampil bersama Samjiyon Oschestra asal Korea Utara. Pertunjukan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang.

Choi Jin-hee merupakan penyanyi lagu terkenal Love Maze. Tembang yang populer pada tahun 1984 tersebut menjadi hit terkenal di Semenanjung Korea.

Lagu yang juga terdengar di sejumlah restoran Pyongyang itu, disebut sebagai tembang favorit ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il. Itu adalah kali keempat perempuan berusia 61 tahun tersebut tampil di Korea Utara.

Seorang veteran industri hiburan, Cho Yong-pil, disebut sebagai salah satu sosok berpengaruh di dunia musik Korea Selatan. Dalam sebuah wawancara dengan Billboard pada 2013, penyanyi berusia 68 tahun itu disebut sebagai "K-pop legend".

Sebelumnya, Cho pernah tampil di Pyongyang pada 2005, di mana ia menggelar konser tunggal yang dihadiri oleh 7.000 warga Korea Utara.

Lee Sun-hee pertama kali debut pada 1984. Penyanyi berusia 53 tahun itu pernah bergabung dalam konser gabungan pada 2003, untuk membuka Ryugyong Chung Ju-yung Gymnasium.

Artikel Lainnya