Hati-Hati, Spesies Hewan Mamalia Berpotensi Jadi Inang Virus Corona

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Pixabay.

Belakangan ini diketahui virus Covid-19 tidak hanya bisa menginfeksi manusia. Tapi bisa menyerang sejumlah hewan. Termasuk hewan mamalia.

Seperti yang diketahui, jika asal-usul virus corona ini terjadi di salah satu pasar daerah kota Wuhan, Cina. Walaupun hal tersebut belum dipastikan kebenarannya.

Menurut riset terbaru, ada ratusan spesies hewan mamalia yang bisa menjadi inang atau host virus corona. Temuan ini pun menggarisbawahi ancaman virus corona berikutnya di masa depan.

Dilansir dari Kumparan, studi yang diterbitkan pada 16 Februari 2021 di jurnal Nature Communications itu menyoroti potensi virus corona dalam menginfeksi berbagai spesies hewan.

Riset tersebut mengidentifikasi ratusan spesies mamalia yang berpotensi terinfeksi virus corona. mMeskipun sebagian dari spesies belum terbukti mengalaminya.

Spesies tersebut meliputi kelelawar dan monyet. Tapi juga bisa menyerang hewan piaraan seperti babi, anjing, dan kucing.

Dalam penelitian tersebut, ilmuwan menggunakan 411 urutan genetik virus corona dari GenBank, database sekuens genetik DNA milik National Institutes of Health di Inggris.

Ratusan urutan genetik tersebut mewakili 92 spesies virus corona berbeda, dengan beberapa spesies diwakili oleh lebih dari satu strain.

“411 virus ini mengandung ketujuh virus corona yang diketahui menginfeksi manusia, serta berbagai virus korona lain yang genomnya telah diurutkan,” kata peneliti dalam laporan mereka.

Tim ilmuwan kemudian menggunakan algoritma untuk mencari hewan mana saja yang berpotensi jadi host ratusan strain virus corona tersebut.

Mereka mencocokannya dengan 876 spesies mamalia yang diteliti. Sebanyak 185 spesies mamalia, kata mereka, telah diketahui sebagai host virus corona.

Sedangkan 691 spesies yang lain termasuk dalam genus yang sama dengan inang yang diketahui.

Periset menemukan, setiap strain virus rata-rata memiliki 12,56 inang mamalia. Adapun setiap spesies mamalia diperkirakan menjadi inang potensial untuk 5,55 strain virus corona.

Artikel Lainnya