nyedulur.com

Hati-Hati! Mudah Marah Tanda-tanda Gejala Olahraga Berlebihan

PopMama
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Olahraga di masa pandemi Covid-19 ini memang dibutuhkan. Selain menjadikan tubuh lebih sehat, juga membentuk fisik yang prima.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah, dampak jika berolahraga secara berlebihan. Olahraga berlebihan bisa menjadi berbahaya bagi kesehatan tubuh. Juga dengan kondisi psikologi.

Dilansir dari PopMama, ada beberapa hal yang merupakan tanda-tanda berlebihan saat berolahraga. Pastinya badan mudah letih. Padahal tidak banyak aktivitas yang dijalankan.

Perasaan mudah lelah ini bukan karena aktivitas yang padat. Tetapi penurunan performa dalam pencapaian kemampuan berolahraga.

Misal, biasanya berlari selama 15 menit tanpa jeda. Tiba-tiba, merasa kesulitan mencapai target minimaldengan berlari hanya 10 menit. Hal itu adalah tanda terlalu berlebihan berolahraga.

Selanjutnya, tidak ada peningkatan kemajuan. Tanda terlalu berlebihan berolahraga lainnya adalah tidak mampu meningkatan performa. Seharusnya tubuh semakin mampu meningkatkan kemampuan, tapi justru yang terjadi sebaliknya. Stagnanasi.

Berlebihan berolahraga juga berdampak pada nyeri otot, cedera, dan tidak stabilnya detak jantung saat bangun tidur. Ditambah turunnya nafsu makan. Hal-hal tersebut merupakan gejala over training, atau berlebihan berolahraga.

Satu lagi, emosi yang tidak stabil juga akibat olahraga yang berlebihan. Waspadai!

Artikel Lainnya