nyedulur.com

Hati-hati, Konsumsi Kafein Berlebihan Bisa Ancam Jiwa, Patuhi Takarannya

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Healthline

Minum teh atau kopi ada takarannya. Sebab dua minuman ini dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi. Itu sebabnya banyak yang menganjurkan menikmati kopi atau teh baiknya dua kali dalam sehari.

Terutama kopi, saran untuk menyeduh minuman ini sebaiknya pada pagi hari dan sore. Pada waktu pagi banyak yang percaya kopi bisa memberi energi positif. Sebab kafein yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan daya ingat.

Tetapi apabila minum kopi melebihi takaran dampakya juga tidak baik. Dilansir dari CNN Indonesia, orang dewasa disarankan mengonsumsi kafein tak lebih dari 400 miligram per hari. Sementara remaja, disarankan tak lebih dari 100 miligram setiap hari.

Menyeduh kopi berlebihan bisa timbul beberapa gejala ringan akibat kelebihan asupan kafein. Dampaknya pusing, diare, rasa haus meningkat, insomnia, sakit kepala, demam, dan mudah marah.

Namun, ketika muncul gejala tingkat yang lebih parah, harus segera mendapatkan perawatan medis. Umumnya terjadi sulit bernafas, muntah, halusinasi, kebingungan, nyeri dada, detak jantung tak teratur, gerakan otot tak terkendali, dan kejang.

Terlalu banyak asupan kafein dapat memicu efek samping. Biasanya timbul kecemasan. Kafein diketahui dapat meningkatkan kewaspadaan dan juga memicu pelepasan adrenalin, hormon yang dapat meningkatkan energi. Namun, pada dosis yang tinggi, efek ini justru akan menimbulkan kecemasan dan kegugupan.

Dampak lain bila terlalu banyak konsumsi kafein membuat sulit mendapatkan tidur yang berkualitas. Umumnya terjadi insomnia. Saran terbaik adalah mengurangi kafein pada sore hari hingga malam.

Efek lain jika terlalu banyak kafein timbul masalah pencernaan, kerusakan otot, membuat kecanduan, tekanan darah tinggi, dan denyut jantung yang cepat. So, jangan berlebihan ya, gaes.

Artikel Lainnya