nyedulur.com

Hati-hati, Daftar Makanan Ini Bisa Picu Sakit Kepala, Kenali Jenisnya

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: freepic.

Tiba-tiba kepala merasakan sakit. Anda perlu mencari tahu penyebabnya. Makanan, salah tidur, kondisi yang tidak fit, kehujanan, atau stress, juga bisa menyebabkan kepala berkunang-kunang. Padahal badan dalam kondisi fit

Saat ini cukup banyak makanan cepat saji yang dijajakan di pasar hingga supermarket. Malahan makanan ini disukai dari semua golongan usia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Seperti dilansir CNN Indonesia, berdasarkan laporan tahun 2020, lebih dari 50 persen populasi orang dewasa di dunia pernah sakit kepala. Setengah hingga tiga perempat orang dewasa berusia 18-65 di dunia pernah mengalami hal tersebut. Sakitnya minta ampun

Tidak ada pemicu sakit kepala universal. Tetapi, beberapa pemicu umum dapat menyebabkan atau berkontribusi pada sakit kepala pada beberapa orang. Bila berkaitan makanan atau minuman, ada beberapa makanan yang bisa menjadi pemicu.

Terlalu banyak dan terlalu sedikit kafein bisa menyebabkan sakit kepala. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat meningkatkan kemungkinan sakit kepala atau migrain.

Namun, kafein juga dapat menawarkan bantuan sakit kepala. Makanan yang mengandung kafein termasuk kopi, teh, dan cokelat sebetulnya bisa meredakannya.

Pemanis buatan seperti sakarin, acesulfame, aspartam, neotame, sucralose dan sejenisnya adalah pengganti gula. Bahan ini kerap ditambahkan ke beberapa makanan dan minuman sebagai pengganti bula.

Banyak makanan yang mengguakan pemanis buatan. Sebut saja sereal, sayuran kaleng, kudapan gurih yang meliputi keripik, roti gulung sosis, serta produk susu mengandung pemanis buatan yang bisa memicu sakit kepala

Aspartam yang ditambahkan ke diet soda, es krim bebas gula, permen karet, ditengarai bisa memicu sakit kepala.

Untuk itu, Anda bisa menggantinya dengan pemanis alami seperti nektar agave, sirup beras merah, gula kurma, madu, serta sirup maple.

Lalu bagaimana dengan alkohol? Jika mabuk, bisa bikin pusing kepala. Sebetulnya ada alasan yang menyebabkan kepala jadi berat setelah minum minuman beralkohol. Ada pula makanan lain yang menyebabkan sakit kepala. 

Artikel Lainnya