nyedulur.com

Gus Nur Dietapkan Tersangka, Begini Tanggapan Kuasa Hukumnya

Suara
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Kuasa Hukum Sug Nur Raharja, Andry Ermawan, mengeluhkan kliennya ditetapkan sebagai tersangka. Menurutnya, penetapan itu tidak tepat sesuai proses hukum.

Ada proses hukum yang harus dipatuhi. Menurutnya, sebelum ada penetapan tersangka, kliennya perlu dipanggil dan diperiksa sebagai saksi. Tidak dengan cara tiba-tiba langsung ditetapkan sebagai tersangka.

“Karena menurut aturan hukum kan harus ada panggilan saksi dulu. Sekarang peraturan perkap kan seperti itu, ada lidik, ada penyidikan, gelar perkara baru menetapkan seseorang sebagai tersangka,” kata Andry, dikutip Suara.

Buntut dari penangkapan dan penetap kliennya, Andry bersama tim berencana melakukan upaya hukum. Salah satunya dengan menempuh praperadilan.

“Kami akan ambil upaya hukum untuk itu, terkait proses penangkapan, apakah mengacu ke praperadilan atau bagaimana,” Andry menjelaskan.

Sugi Nur Raharja atau Gus Nur ditangkap di kediamannya pada Sabtu 24 Oktober dini hari. Dia ditangkap di kediamannya, Kelurahan Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Pada saat penangkapan, Gus Nur sedang bekam. Saat itu dia baru pulang dari mengisi acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Kedungkandang, Kota Malang.

Penetapan Gus Nur sebagai tersngka dibenarkan pihak kepolisian. Berikut isi pernyataan dari Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono kepada jurnalis.

Artikel Lainnya