Gurihnya Olahan Berbahan Durian, Bahannya Mudah Dijumpai, Cocok untuk Akhir Pekan

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Musim durian masih berlanjut. Diperkirakan bulan ini musim durian akan berakhir. Sebelum berakhirnya musim durian, tidak ada salahnya menjajal aneka resep berbahan durian.

Setidaknya bisa menjadi refrensi untuk menyusun daftar menu yang bisa dibuat di rumah. Olahan berbahan durian ini cukup mudah. Yang sulit adalah memulai kerja. Anyway, terdapat dua menu berbahan durian yang bisa diolah di rumah, sebagaimana dirangkum dari Brillio.

Serabi atau surabi bisa disajikan dengan saus durian. Caranya mudah. Untuk bahannya siapkan 200 gram tepung beras, 50 gr tepung terigu, 550 ml santan agak kental, satu butir telur utuh, satu butir kuning telur, 1/2 sdt fermipan, garam secukupnya dan daun pandan disobek-sobek

Sedangkan bahan sausnya meliputi 200 gr daging durian, 500 ml santan dari 1 butir kelapa, dua keping gula gula merah sisir, dua sdm gula pasir, tiga lembar daun pandan simpul, dan garam secukupnya

Untuk caranya, masak santan, garam dan daun pandan. Kemudian diaduk-aduk sampai  mendidih, matikan api, biarkan hangat.

Campur tepung beras, terigu tuang, santan sedikit demi sedikit tambahkan telur di dalam baskom. Kemudian masukkan fermipan, aduk rata, diamkan adonan serabi kurang lebih satu jam.

Selanjutnya panaskan teflon, tuang adonan 1 sendok sayur, panggang sampai matang. Setelah selesai buat saus durian, gula merah dimasak dengan sedikit air sampai cair, saring sisihkan.

Campurkan semua bahan di dalam panic sambil diaduk-aduk biar santan tidak pecah. Setelah mendidih dan agak mengental, test rasa, matikan kompor. Serabi siap disajikan dengan durian. Bikin lumer

Membuat durian ketan juga tidak terlalu sulit. Siapkan 250 gr beras ketan, cuci bersih dan rendam selama dua jam untuk bahan lapis ketannya.

Selanjutnya siapkan bahan durian lumer yang meliputi 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa, 300 grm daging durian, blender dengan sebagian santan, 1/2 kaleng susu kental manis, 1/2 sdt garam, 2 sdm tepung custard + 1 sdm tepung maizena larutkan dengan sedikit air, gula pasir secukupnya

Cara membuatnya, panaskan panci kukusan sampai air mendidih. Kukus beras ketan selama 15 menit. Angkat. Campur santan, daun pandan, garam masak sampai mendidih, masukkan beras ketan dalam rebusan santan.

Kemudian aduk hingga santan terserap. Kukus kembali 20 menit. Angkat. Ratakan dan padatkan dalam takir daun pandan separuh cetakan. Sisihkan.

Untuk bahan saus durian lumer, campurkan semua bahan, aduk rata dan masak hingga mendidih. Kemudian tuang saus durian di atas lapisan ketan. Cocok dinikmati pada saat cuaca dingin.

Artikel Lainnya