nyedulur.com

Gurihnya Lobster Bakar dan Rebus, Sebelum Dimasak Baiknya Ikuti Langkah Ini

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Trip Advisor

Lobster atau udang besar memang kaya kandungan nutrisi. Tak heran jika banyak yang menggemari makanan lezat ini. Lobster sedikit lebih sulit membudidayakan dibanding udang biasa. Itulah yang membuat harganya jauh lebih mahal.

Lobster memiliki dua jenis habitat, yakni air laut dan air tawar. Namun kedua jenis ini sama-sama suka bersembunyi di tumpukan batu.

Mengutip Very Well Fit melalui CNN Indonesia, dalam 145 gram lobster terkandung 27,6 gram protein, 1,3 gram lemak (perpaduan lemak jenuh dan tak jenuh), serta 129 kalori.

Maka dari itu harga lobster relatif mahal. Sekalipun membeli dalam kondisi hidup. Jika Anda membeli di restoran dalam bentuk masakan atau olahan, harga jualnya jauh lebih mahal lagi.

Ada baiknya membeli dalam kondisi hidup, kemudian dimasak di rumah. Nih, ad acara-cara untuk memasak lobster. Tapi sebelum memasak, ikuti dahulu langkah-langkahnya agar rasa lobster olahan betul-betul nendang. 

Dilansir dari CNN Indonesia, biasanya ada dua pilihan lobster. Lobster hidup atau yang sudah dibekukan. Anda bisa memilih satu di antara keduanya. Kesegaran lobster hidup memang terjamin. Lobster hidup umumnya akan berwarna biru kehijauan.

Jika membeli yang sudah dibekukan, perhatikan kondisi daging. Mengutip laman AWG Private Chefs, hindari lobster yang warna dagingnya sudah berubah. Misalnya, daging yang awalnya putih menjadi kehijauan atau kekuningan.

Hindari pula lobster yang diberi label 'enhanced' (diperkaya), 'extra moist' (ekstra lembap), atau 'water added' (dengan tambahan air). Ini hanya ulah produsen yang menambahkan garam agar lobster jadi lebih berbobot.

Selanjutnya proses thawing, yaitu proses melelehkan lobster beku. Keluarkan dari freezer, lobster sebaiknya diletakkan di chiller yang suhunya lebih tinggi selama semalam suntuk.

Selain itu, Anda juga bisa mencairkannya dengan cara direndam di air dingin. Jangan gunakan air panas karena bisa menciptakan lingkungan yang baik bagi bakteri.

Ada dua jenis masakan yang kerap dipilih di restoran Indonesia, yakni rebus dan bakar. Mau tahu cara merebus dan membakar lobster yang gurih?

Artikel Lainnya