Gurih dan Renyah Rengginang Lebaran, Warnanya Cantik, Pas untuk Sambut Tamu Idul Fitri

Nyedulur
  • 16 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kompas.

Lebaran Hari Raya Idul Fitri identik dengan mudik dan ketupat. Namun pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik dalam dua tahun terakhir, akibat pandemi Covid-19.

Tak lengkap ketupat tanpa cemilan. Biasanya berbagai hidangan, baik modern, tradisional, hingga yang instan, telah disiapkan di meja untuk menyambut tamu. 

Oh iya, ada satu lagi yang kerap dihidangkan saat Lebaran. Salah satunya adalah rengginang. Cemilan ini kerap dijumpai di sejumlah daerah hingga kota besar.

Cara membuat regginang cukup mudah dan murah. Bahannya terbuat dari beras ketan yang dikeringkan. Dan untuk membuat regginang cukup sederhana. Anda hanya perlu mengukus beras ketan, mengeringkannya, lalu menggoreng. Itu saja, kok

Agar memiliki cita rasa yang nikmat, regginang bisa diberi aneka bumbu, seperti bawang putih, terasi, garam, dan merica. Masyarakat Madura menambahkan lorjuk, yakni binatang laut. Rasanya, benar-benar wow! Gurih dan renyah.

Berikut resep dan cara pembuatan rengginang yang dilansir dari buku Snack Renyah Serba Kriuk karya Sufi Sy, Sufi S.Yahyono yang sudah dirangkum dari Kompas.

Siapkan 400 gram beras ketan putih kualitas bagus, 200 ml air, 1 sdt gula pasir butiran halus. Siapkan bumbu halus yakni, empat siung bawang putih, 1/3 sdt merica bulat, 1/2 sdt terasi bakar, dan 1 sdm garam.

Selanjutnya untuk langkah pembuatannya yakni, cuci bersih beras ketan, rendam dalam air selama tiga jam. Tiriskan. 

Kukus beras ketan hingga setengah matang selama 20 menit atau hingga butiran beras mulai lengket. Angkat, pindahkan ke panci.

Didihkan air, tambahkan gula pasir dan bumbu halus, aduk. Setelah mendidih, angkat segera beras ketannya.

Lalu, tuang bumbu yang sudah dimasak ke dalam panci berisi beras ketan, aduk rata. Tutup panci, diamkan sekitar 30 menit atau hingga air terserap habis oleh ketan.

Kukus beras ketan kembali hingga matang, sekitar 30 menit. 

Ambil satu sendok makan nasi ketan yang masih panas, pipihkan bentuk bulat dengan diamter 6 cm dan tebal 0.5 cm. Letakkan di atas tampah kering yang bersih tapi jangan ditumpuk. Lakukan hingga semua nasi ketan habis. 

Jangan lupa, jemur di bawah terik matahari sekitar tiga hari atau sampai benar-benar kering. Simpan di tempat kering.

Panaskan minyak goreng cukup banyak dengan api besar. Goreng renggingan sambil dibalik-balik hingga butiran ketan mulai mengembang. Angkat dan tiriskan.  Setelah dingin, simpan dalam stoples bertutup rapat.

Artikel Lainnya