Gunung Semeru Keluarkan Abu Panas, Jarak Luncur 2 Kilometer, Warga Diminta Waspada

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kompas.com.

Aktivitas Gunung Semeru kembali menggeliat. Gunung teringgi di Jawa itu mengeluarkan abu panas dan material sepanjang dua kilometer menuruni lereng pada Selasa 2 Februari 2021.

Mengutip The Star, aktivitas Gunung Semeru menyebabkan hujan abu. Pejabat BPBD setempat melaporkan tidak ada korban jiwa dari geliat Semeru.

Tingkat kewaspadaan untuk Semeru tetap satu tingkat di atas normal, kata pejabat setempat.

"Saat ini terjadi hujan abu," kata pejabat BPBD.

Sejauh ini belum ada evakuasi terhadap penduduk di sekitar lereng. Namun BPBD mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap tanda-tanda bahaya.

Selain itu, masyarakat di sekitar DAS yang berada di lereng gunung harus mewaspadai tingginya curah hujan yang bisa memicu banjir lahar.

Laporan BPBD juga menyebut jika material vulkanis meluncur ke aliran lahar sungai Besuk Kobokan. Jarak luncurnya mencapai lebih dari 4 kilometer.

“Semeru meluncurkan awan panas dan terjadi hujan abu,” kata Kabid Kedaruratan BPBD Lumajang, Joko Sambang pada wartawan.

Peristiwa luncuran awan panas dari ujung lidah lava mengagetkan warga di desa Supit Urang Kecamatan Pronojiwo dan Sumberwuluh Kecamatan Candipuro.

Aktivitas Semeru sudah terjadi sejak November 2020 silam. Gunung dengan 3.676 meter dpl itu terjadi fluktuatif aktivitas sejak meletus pada November silam.

Artikel Lainnya