Gunung Semeru Batuk dan Pilek, PVMBG Ingatkan Warga Menjauh dari Jongring Saloko

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Twitter Kementerian LHK

Pendaki dan wisatawan alam kini tidak bisa masuk ke Gunung Semeru. Masalahnya Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) menutup jalur pendakian. Langkah ini untuk memberi keamanan bagi para pendaki dan wisatawan lain yang ke Semeru.

Langkah serupa juga dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM memberi peringatan aktivitas di sekitar gunung tertinggi di Jawa itu.

Salah satu lokasi yang perlu menjadi kewaspadaan adalah Jongring Saloko, yang merupakan kawah gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang.

“Mewaspadai gugurnya kubah lava di Kawah Jongring Seloko,” kata Kepala PVMBG Kementerian ESDM, Kasbani dikutip dari Kumparan, Senin 30 November 2020.

Kasbani menjelaskan, terkait kondisi Gunung Semeru yang berketinggian 3.676 mdpl ini, masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 Km.

“Dan wilayah sejauh 4 km di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru (Jongring Seloko) sebagai alur luncuran awan panas," jelas dia.

Secara visual kondisi Gunung Semeru terpantau seperti ini.

Artikel Lainnya