nyedulur.com

Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Warga Panik Tinggalkan Desa

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Portal Papua

Warga yang tinggal di sekitar Gunung Ile Lewotolok mulai mengungsi. Sejumlah warga yang terdiri atas orang tua, remaja hingga anak-anak pergi meninggalkan kampungnya.

Kejadian itu terekam dalam sebuah video yang diunggah pemilik akun twitter, @ellmeral pada Senin 30 November 2020, sekitar pukul 04.48 WIB.

Di video tersebut merekam asap tebal yang keluar dari gunung dengan ketinggian 1.423 meter dari permukaan laut. Warga berhamburan menjauh dari gunung untuk menuju tempat yang lebih aman.

Video berdurasi 30 detik itu sudah dilihat lebih dari 2.000 pengguna twitter. Warganet yang menyaksikan video tersebut ramai-ramai mengirim doa kepada warga yang tinggal di sekitar Gunung Lewototok.

Pemilik akun @RirisRespati3 menulis, “Tuhan melindungi, memberkati dan memberikan kekuatan untuk saudara-saudara di Lembata”.

@marco_svd menulis “Pray for Lembata, Indonesia. Thank you. Betet für Lembata. Danke. Pregate per Lembata. Grazie”.

Gunung Ile Lewotolok berada di sisi utara Pulau Lembata, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

BPBD pada 30 November 2020, melaporkan gunung tersebut kembali mengalami erupsi dan mengeluarkan kolom abu setinggi kurang lebih 4.000 m di atas puncak. Kolom abu terpantau berwarna kelabu dengan intensitas tebal.

Abu tersebut mengarah ke timur dan barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi kurang lebih 10 menit.

Warga setempat menyebut Metong Lamataro yang merupakan kawah lama Gunung Lewotolo.

Artikel Lainnya