nyedulur.com

Giliran Ali Khamenei Kecam Emmanuel Macron, Tuding Pemerintah Prancis Kejam

Kompas
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Momentum maulid Nabi Muhammad SAW dimanfaatkan pempimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Dalam pidatonya, Ali Khamenei mengutuk pemerintah Prancis yang mendukung beredarnya karikatur bermasalah dengan alasan kebebasan berekspresi.

“Ini (konflik kartun Nabi Muhammad) bukan hanya kehancuran seni Perancis, ini adalah politik pemerintah yang mendukung tindakan yang salah. Ini adalah tokoh politik yang secara eksplisit mendukung ini,” kata Khamenei, merujuk Presiden Prancis Emmanuel Macron, seperti dikutip dari Al Jazeera melalui Kompas.

Mengutip kebebasan berekspresi, para pemimpin Prancis dan Eropa telah mendukung hak untuk menerbitkan kartun Nabi Muhammad. Sementara penggambaran dalam bentuk visual sangat dilarang dalam Islam.

Karikatur itu disebut sebagai alasan di balik serangan mematikan di kantor majalah Charlie Hebdo pada awal 2015. Adapun pelakunya diduga terkait dengan Al-Qaeda.

Pada Oktober lalu, seorang guru bahasa Prancis, Samuel Paty dibunuh di dekat sekolahnya di pinggiran kota Paris. Dia dibantai setelah menunjukkan kartun Nabi Muhamamad kepada muridnya. Alasannya sebagai bagian dari diskusi tentang kebebasan berekspresi.

Khamenei pada Selasa, mengatakan pemerintah Prancis seharusnya menyatakan dukungan dan belasungkawa untuk korban pembunuhan. Tetapi dengan membiarkan karikatur dipublikasikan adalah salah.

Akibatnya muslim di seluruh dunia menunjukkan kemarahannya atas komentar Macron. Berikut pidato Ali Khamenei dalam Maulid Nabi Muhammad SAW di Iran.

Artikel Lainnya