nyedulur.com

Gemar Koleksi Tanaman Hias, Hindari Tanaman Ini karena Beracun

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Mengoleksi tanaman hias menjadi tren baru di masa pandemi. Cukup banyak tanaman hias yang bisa dikoleksi masyarakat. Kegemaran itu bisa diimbangi dengan dekorasi ruangan agar tampak lebih apik.

Oh iya, tren merawat tanaman hias telah diimbangi dengan harga yang mulai melambung. Mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu hingga belasan jutaan rupiah.

Namun bagi Anda yang masih awam tanaman hias, jangan coba-coba sembarangan mengoleksi tanaman. Salah memilih tanaman bisa membahayakan kesehatan.

Sebab, cukup banyak tanaman hias yang beracun dan orang yang terkena racun mengalami gatal-gatal, sakit perut, hingga muntah.

Jadi apa saja yang termasuk tanaman hias beracun?

Dikutip dari Wolipop, lidah mertua memiliki ciri daun yang keras, tegak dengan ujung meruncing. Tanaman ini sebenarnya memiliki banyak manfaat. Salah satunya membuat udara tetap bersih.

Namun, tanaman ini termasuk 'beracun', meski tak terlalu tinggi. Lidah mertua bisa menyebabkan muntah dan diare.

Anthurium magnificum atau tanaman hias kuping gajah memiliki daun yang besar dan hijau. Tak heran tanaman ini menawan menjadi pajangan di rumah. Namun ternyata kuping gajah termasuk tanaman hias beracun.

Tanaman hias ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Racunnya bisa menutup jalur keluar masuk udara. Menggosokkan daun ke tangan juga bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit. Termasuk rasa gatal yang tak biasa.

Bunga lily memiliki warna yang cantik. Tapi ada racun di baliknya. Terjilat saja bisa menyebabkan sakit perut dan muntah-muntah.

Tanaman wisteria ini populer di Cina dan Jepang. Namun tanaman hias beracun ini bisa menyebabkan mual, muntah, diare, pusing hingga pingsan jika termakan. Sebetulnya masih banyak tanaman beracun lainnya. Hati-hati cara merawatnya!

Artikel Lainnya