Gelombang Tinggi Terjadi di Sejumlah Perairan, BMKG Prediksi Capai Enam Meter, Waspadalah….Waspadalah

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tribun.

Memasuki musim hujan, berbagai bencana alam mengancam sebagian wilayah Indonesia. Sebut saja tanah longsor, banjir, angin puting beliung, pohon tubang, hingga banjir. Bahkan ancaman paling ekstrim adalah gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia.

Bagi yang tinggal di wilayah tersebut, perlu kewaspadaan potensi gelombang tinggi. Berdasarkan keterangan dari BMKG, gelombang tinggi diprediksi mencapai empat meter.

“Pusat Tekanan Rendah 1000 hPa terpantau di selatan Jawa dan sirkulasi angin terpantau di utara Aceh,” kata Kasubbid Analisis dan Prediksi dan Meteorologi Maritim Rismanto Effendi dalam keterangan resminya, Kamis 10 Desember 2020, dilansir Antara melalui Liputan6.

Dia menyebutkan bahwa pola angin di wilayah Indonesia pada umumnya bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 6-30 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Lampung, perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, Selat Sunda bagian selatan, Laut Natuna Utara, Laut Jawa, perairan Utara Jawa Tengah, dan Samudra Hindia Selatan Jawa.

Kondisi tersebut mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang, dengan tinggi 1,25 hingga 2,5 meter. Gelombang tinggi berpeluang terjadi di perairan utara dan perairan timur.

Sementara itu, tinggi gelombang 2,5 hingga empat meter diprediksi berpeluang terjadi di Perairan Barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu hingga Kepulauan Enggano.

Hal itu juga bisa terjadi di Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Jawa, Samudera Hindia selatan Jawa Barat, Selat Bali-Lombok hingga Alas bagian selatan. Daerah lain buka di sini.

Artikel Lainnya