Geger, Jenazah Pasien Covid di NTT Hilang dari Kubur, Bupati TTS Geram, Diambil Keluarga?

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Liputan6.

Pengambilan jenazah Covid-19 bukan sekali terjadi. Kejadian serupa juga terjadi di Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal ini membuat warga sekitar geger.

Jenzah yang dimaksud adalah pasien bernisial HUL. Dia mengembukan napas di RSUD Soe, Kabupaten TTS pada Senin 1 Februari 2021, pukul 14.00 WITA. Kabarnya jenazah berstatus probable Covid-19 dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Oebaki.

Menurut Pemerintah Kabupaten TTS, mengutip Liputan6, jenazah yang dimakamkan dengan protokol kesehatan itu hilang dicuri orang tak dikenal. Almarhumah HUL merupakan ibu kandung salah seorang anggota DPRD NTT.

Mendengar info jenazah Covid-19 hilang dari liang lahat, Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun langsung menuju TPU untuk memastikan kebenaran kabar tersebut.

“Kita bongkar kuburan untuk memastikan, tapi kubur sudah kosong dan jenazah sudah dicuri orang tak bertanggung jawab,” ujar Pieter, Selasa 9 Februari 2021.

“Petugas gali sedalam dua meter menggunakan alat berat ekskavator tetapi kosong. Jasad HUL sudah dicuri orang,” dia menambahkan.

Selaku ketua gugus, dia meminta TNI dan Polri menyelidiki keberadaan jenazah tersebut. Menurutnya, pencurian jenazah ini melanggar undang-undang protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Nanti polisi yang akan selidiki untuk memastikan keberadaan jenazah,” tegasnya.

Artikel Lainnya