Geger! Ilmuwan Temukan Planet Neraka, Suhunya Nggak Main-main, Panasnya Hampir sama dengan Matahari

Nyedulur
  • 19 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Telegraph.

Hampir semua agama percaya neraka sebagai tempat penyiksaan di alam kubur. Siksaan itu didapat saat manusia dianggap menyimpang dari ajaran agama masing-masing semasa hidup.

Selain itu, neraka juga sebuah penjara di alam kematian yang sangat ditakuti. Bahkan tidak diketahui keberadaannya.

Akan tetapi, para astronom dari Univesity of Southern Queensland, Australia menemukan sebuah planet baru yang disebut planet neraka. Lantaran suhu planet tersebut mencapai 2.700 derajat celcius. Wuik!

Menurut peneliti diinformasikan ABC News melalui Kompas, planet baru tersebut merupakan salah satu planet terpanas yang pernah tercatat.

Suhu di planet ini cukup tinggi untuk menguapkan sebagian besar logam. Suhu pada siang hari di planet neraka bisa mencapai 2.700 derajat celsius.

Sedangkan di malam hari, suhu planet ini mencapai 2.300 derajat celsius, dan merupakan suhu terpanas kedua yang pernah diukur.

Para peneliti di Pusat Astrofisika University of Southern Queensland di Toowoomba memimpin dalam penelitian penemuan planet neraka ini.

Ahli astrofisika Dr Brett Addison menggambarkan planet yang ditemukan itu sebagai dunia yang seperti neraka.

“Tidak ada kehidupan yang bisa bertahan di atmosfernya,” kata Addison.

Planet neraka tersebut adalah planet gas raksasa. Sehingga tidak benar-benar memiliki permukaan padat seperti planet terestrial, yang ada di Tata Surya ini.

“Planet ini pada dasarnya adalah atmosfer yang sangat besar dan dalam,” imbuhnya.

Satelit Survei Exoplanet Pelatihan NASA, untuk pertama kalinya menandai TOI-1431b sebagai kemungkinan planet pada akhir 2019.

Dr Addison mengatakan, pengamatan lanjutan yang dikumpulkan selama beberapa bulan dengan teleskop Stellar Observation Network Group di Kepulauan Canary.

Artikel Lainnya