Gawat, Toko Ini Layani Jual-Beli Senjata Api Online, Wajib Sertakan KTP, Untuk Pembuatan Kartu Anggota, Zakiah Aini Pernah Dilayani

Nyedulur
  • 17 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST/Polri.

Teror yang dilakukan Zakiah Aini mengungkap fakta baru. Terduga terorisme yang tewas usai menyerang Mabes Polri itu memiliki airsoft gun. Adapun senjata itu dibeli dari seseorang berinisial MK alias IM.

IM memiliki bisnis airsoft gun yang berlokasi di Depok. Malahan setiap pembeli diharuskan menyertakan foto KTP. Selanjutnya MK memberi Kartu Tanda Anggota (KTA). Lha, untuk apa?

Mengutip Kumparan, Direktur Yayasan Perdamaian Jalin, Yudi Zulfahri menyebutkan bahwa bisnis yang dijalankan MK lumayan maju dan terbuka untuk umum.

“Dia menjual ini kan (senjata) terbuka untuk umum, dia ada websitenya. Orang bisa beli di website itu dan siapa aja bisa beli,” kata Yudi, Senin 5 April 2021.

Menurut Yudi yang juga rekan MK, setiap orang yang membeli di tempat MK harus menyertakan foto KTP, dengan foto KTP itu nantinya akan dibuatkan KTA klub.

“Setiap pembelian itu biasanya akan diuruskan KTA klub, tapi saya sendiri tidak tahu status klubnya ini apakah resmi di bawah Perbakin atau nggak. Kalau nggak salah nama klubnya itu Basis Airsoft Gun, kalau nggak salah saya,” ujarnya.

Soal legalitas bisnis airsoft gun yang dijalankan MK, Yudi juga mengaku tidak mengetahui apakah legal atau tidak.

“Cuma, yang saya mau sampaikan memang penjualan ini terbuka untuk umum. Dan kita tidak betul-betul tahu siapa yang membeli, apa latar belakangnya, untuk apa peruntukannya, itu kita nggak tahu,” ungkapnya.

Kendati menjalankan bisnis penjualan airsoft gun, Yudi memastikan MK tidak memiliki pemahaman yang menyimpang atau radikalisme. Berdasarkan diskusi keduanya, MK diketahui sudah jauh dari paham radikalisme.

“Sejauh yang saya tahu dia memang menjual airsoft gun,  tapi untuk pemahaman sejauh yang sudah saya diskusi dan kegiatan yang selama ini juga dia ikuti dia sudah jauh dari kata radikalisme,” pungkas Yudi.

MK ditangkap tim Densus 88 pada Kamis 1 April 2021 di kawasan Syiah Kuala, Banda Aceh. Zakiah Aini diketahui membeli air gun pada MK via online. Saat ini MK tengah menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mabes Polri terkait keterlibatannya.

Artikel Lainnya