nyedulur.com

Gawat, Persebaya Ingin Kompetisi Dihentikan, Apa Reaksi Bonek?

Jatimnet
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Ketidakjelasan kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2020 memantik reaksi dari manajemen Persebaya. Tim kebanggaan arek-arek Suroboyo itu meminta kepada PSSI agar Liga 1 musim ini dihentikan.

Ada dua alasan Persebaya meminta kompetisi paling elit di Indonesia dihentikan. Yakni akibat pandemi Covid-19 yang berdampak pada keuangan seluruh tim. Kedua adalah hajatan nasional tentang pilkada serentak.

Dikutip dari Jatimnet, sudah dua kali wacana digulirkannya liga selalu gagal terlaksana. Tanggal 1 Oktober 2020, Polri tidak memberikan izin kompetisi. Rencana diputarnya kompetisi bergeser ke bulan November. Lagi-lagi tidak jelas.

Sementara biaya tim terus bejalan. Subsidi yang dijanjikan untuk klub belum juga turun. Hak klub yang kerap disebut subsidi akan dibayarkan saat kompetisi berjalan. Yakni antara Februari hingga Juli 2021.

Di rentang sekarang, sebelum liga dimulai antara Februari-Juli, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku regulator liga hanya bisa menyalurkan 25 persen dari angka Rp 800 juta yang diterima tiap klub.

“LIB menjanjikan hak komersial klub Rp 200 juta selama masa tunggu sebelum kick off. Tapi baru akan dibayar saat kompetisi berjalan. Memang LIB bisa menjamin liga berjalan?” ujar Manajer Persebaya Candra Wahyudi dalam keterangan persnya, Selasa 3 November 2020.

Persebaya, kata Candra, memang kecewa. Maklum dua kali wacana liga digulirkan ternyata gagal. PSSI dan LIB tidak bisa memastikan kompetisi berjalan. Lalu apa reaksi pendukung setianya, Bonek?

Artikel Lainnya