Gawat, Pelat Mobil Dinas Militer Bisa Dipalsu, Buat Apa Ya?

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST/Tangkapan Layar.

Mengenakan kendaraan dinas bisa menaikkan status sosial dan gengsi. Terlebih mobil yang dikendarai milik kedinasan kepolisian atau militer. Orang lain pasti minggir. Takut.

Tapi bila mobil tersebut ternyata bodong alias palsu? Akan terjadi sebaliknya. Pemilik atau yang memakai pelat nomor kedinasan akan diburu TNI. Bahkan Mabes TNI yang langsung turun tangan.

Itulah yang terjadi di Bandung, Jawa Barat. Mabes TNI tengah memburu pemilik Toyota Camry dengan pelat nomor militer palsu yang beredar di media sosial. Pihak mabes mempertanyakan motif memasang pelat nomor bodong.

Pemicunya pemilik akun TikTok ryan_veyex0912 yang mengunggah video tersebut. Dalam video tersebut digambarkan wanita yang tidak jelas identitasnya, seperti sedang mengomel kepada perempuan.

“Ini anak saya mbae, ini mobil saya, dari platnya saja Anda sudah  bisaa tahu dong suami saya itu siapa. Jadi untuk suami Anda yang enggak tahu asal usulnya, saya sarankan untuk jangan apa yah, saya juga enggak kenal,” kata wanita yang tidak jelas identitasnya.

Sontak hal ini membuat Mabes TNI melakukan klafrifikasi melalui akun IG-nya. Mabes TNI menegaskan bahwa Toyota Camry tersebut tidak terdaftar.

“Klarifikasi kasus beredarnya video mobil plat dinas TNI dengan nomor 3423-00 yang viral di media sosial (medsos) adalah plat dinas bodong atau palsu karena tidak terdaftar di Mabes TNI,” tuli Mabes TNI melalui akun IG-nya, Kamis 4 Maret 2021.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Puspen TNI (@puspentni)

“Saat ini POM TNI sedang melakukan pemeriksaan, diawali dengan pengecekan data registrasi kendaraan dinas di internal TNI. Pada saat bersamaan juga dilakukan pengembangan untuk mencari keterangan kendaraan dengan melihat langsung di lapangan, sehingga diharapkan dapat diketahui siapa pemilik mobil, bagaimana plat nomor dinas diperoleh dan apa modus penggunaan nomor dinas tersebut,” lanjutnya.

Belakangan plat dinas tersebut diduga dibuat di Bandung. Hal ini terungkap setelah adanya unggahan melalui akun IG @plat_dinas_official.

“Atas beredar luasnya video saya yang viral banget mengenai plat dinas, itu saya katakana mohon maaf sekali itu plat dinas palsu dan saya buat itu di Kota Bandung,” bunyi peryataan video di Instagram @plat_dinas_official.

Artikel Lainnya