nyedulur.com

Gawat, PBB Hapus Ganja sebagai Daftar Narkotika, Mau Mabuk?

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) resmi menghapus ganja dari daftar obat terlarang dan berbahaya. Keputusan tersebut di rekomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) serta untuk penelitian medis.

Dilansir dari New York Times melalui CNBC Indonesia, keputusan ini sesuai voting yang dilakukan oleh Komisi Obat Narkotika (CND) yang beranggotakan 53 negara.

Di mana 27 negara Eropa dan Amerika setuju. Sementara 25 negara lain, termasuk Cina, Pakistan, dan Rusia, masih menentang.

Keputusan yang diambil PBB ini tentu mengejutkan di berbagai negara. Sebab, setelah 59 tahun ganja dinyatakan dangan opium sebagai barang ‘haram’. Diharapkan keputusan tersebut mendorong penelitian ilmiah tambahan.

Meski demikian, menurut para analis menilai, keputusan ini tak serta merta membuat ganja legal di banyak negara. Hal itu tergantung yuridiksi masing-masing.

"Hal seperti ini tidak berarti bahwa legalisasi akan terjadi di seluruh dunia,” kata direktur pelaksana di perusahaan konsultan ganja Global C, Jessica Steinberg, dikutip Kamis 3 Desember 2020.

“(Namun), Ini bisa menjadi momen yang menentukan,” tambahnya.

Lantas, bagaimana keputusan pemerintah Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya?

Artikel Lainnya