Gawat, Menyimpan Bahan Makanan di Frezer Bisa Rusak Warna dan Nutrisinya, Terutama Buah Ini

Nyedulur
  • 7 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Menyimpan makanan dan minuman di dalam frezer banyak dilakukan. Tujuannya agar tidak rusak pada saat hendak diolah. Selain itu, menyimpan di freezer agar nutrisnya tetap prima saat dikonsumsi.

Menyimpan makanan di freezer tidak perlu susah-susah mencari kebutuhan bahan makanan. Hal ini sangat cocok bagi yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari.

Namun Anda juga harus tahu, ada beberapa makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas atau freser. Berikut beberapa jenis makanannya yang sudah dilansir dari Hypermart.

Madu, dengan memasukan madu ke dalam kulkas membuat kualitasnya memburuk. Suhu dingin akan membuat madu lebih pekat, mengeras, dan mengkristal, sehingga nutrisinya berkurang.

Jangan menyimpan minyak apapun ke dalam lemari pendingin. Hal ini akan membuat minyak menjadi kental dan keruh.

Menyimpan kentang dalam suhu dingin akan membuat kentang lembab dan cepat busuk. Solusinya, simpanlah kentang di wadah kertas dan letakkan di tempat kering.

Selain kentang, penyimpanan bawang dalam lemari pendingin juga bisa menyebabkan cepat busuk. Karena bawang membutuhkan sirkulasi udara yang lancar.

Itu sebabnya bawang tak cocok disimpan di lemari es. Sebab, bawang yang disimpan di kulkas malah cepat berubah warna dan membusuk.

Selanjutnya melon bisa disimpan di dalam kulkas apabila sudah dipotong-potong. Apabila masih dalam keadaan utuh, hindari memasukan melon ke dalam kulkas karena akan menghilangkan sifat antioksidan dalam melon.

Ukuran utuh buah melon juga memakan tempat, sehingga kulkas bisa lebih sempit.

Jangan menyimpan alpukat mentah ke dalam kulkas karena akan memperlambat proses pematangan

Tomat yang disimpan di kulkas akan lebih cepat matang dibandingkan yang disimpan di suhu ruangan. Maka, jika tomat yang sudah matang disimpan dalam kulkas akan lebih cepat membusuk

Buah berry yang disimpan di kulkas akan mengakibatkan berry kering dan rasanya hilang.

Tak hanya itu, saat dimasukan ke dalam kulkas, pisang akan berubah warna menjadi cokelat hanya dalam beberapa jam saja. Lama kelamaan pisang akan membusuk dengan cepat, untuk itu pisang hanya bisa disimpan di suhu ruangan.

Artikel Lainnya